Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja

0
82
Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja

Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja – Dalam lingkungan kerja, perbedaan pendapat memang kerap kali terjadi. Apalagi ketika sedang menghadapi sebuah masalah atau rapat, pandangan yang berbeda-beda dari tiap karyawan tak jarang menimbulkan konflik.

Hal tersebut akan menjadi makanan sehari-hari terutama jika anda bekerja di lingkungan kerja yang sarat akan intrik-intrik kepentingan. Lantas bagaimana menghadapinya? Yuk simak langsung tips berikut ini!

Baca juga : Alasan Mengapa Dirimu Tidak Boleh Terlalu Nyaman Dengan Karier Saat Ini

Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat di Tempat Kerja

Amati Permasalahan

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah amati dan cermati dahulu akar permasalahan yang terjadi. Apakah ada rekan lain yang menyetujui pendapat anda, atau hanya anda sendiri yang berpegang pada pendapat anda.

Tahu Posisi

Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengetahui posisi anda. Apakah keputusan anda untuk mempertahankan pendapat untuk kepentingan pribadi atau untuk kebaikan perusahaan dan semua orang.

Pertimbangkan Pendapat Rekan Kerja

Jika terdapat lebih dari 1 pendapat, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan pendapat-pendapat dari orang lain. Mungkin pendapat dari rekan tersebut sebenarnya sama, namun cara penyampaian saja yang berbeda.

Bukan Urusan Pribadi

Jika anda masih memilih bertahan dengan pendapat anda hanya karena tidak ingin sama pendapat dengan rekan lain, sebaiknya anda urungkan niat tersebut. Jangan membawa sentimen pribadi ke urusan pekerjaan karena hanya akan memperburuk keadaan.

Pertahankan

Namun jika anda merasa pendapat rekan kerja terlalu melenceng jauh dan pendapat anda tetaplah jalan terbaik, cobalah untuk jelaskan dengan lebih detail dan sistematis ke rekan kerja. Usahakan juga untuk tidak terbawa emosi saat menjelaskan. Jelaskan juga apa keunggulan-keunggulan dari pendapat anda dan tanyakan juga apa yang membuat mereka tidak setuju dengan pendapat anda.

Voting

Jika sudah menjelaskan panjang lebar dan masih tidak menemukan solusi. Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengadakan voting dengan seluruh rekan kerja.