Memilih Pekerjaan Pertama Untuk Fresh Graduate

0
388
Memilih Pekerjaan Pertama Untuk Fresh Graduate

Memilih Pekerjaan Pertama Untuk Fresh Graduate – Bagi para fresh graduate sangat disarankan untuk tidak sembarangan menerima pekerjaan pertamanya. Sebab dalam memilih pekerjaan tentu saja harus ada hal yang dipertimbangkan.

baca juga : Ketahui Ciri Fresh Graduate yang Sulit Memperoleh Pekerjaan, Apakah Anda Salah Satunya?

Hal ini disebabkan pekerjaan pertama bisa saja mempengaruhi jalur karir fresh graduate di masa depan. Maka dari itu sebagai fresh graduate harus mempertimbangkan pekerjaan pertamanya terlebih dahulu.

Berikut ini tips untuk memilih pekerjaan pertama fresh graduate :

Pilih Sesuai Minat

Hal pertama yang perlu dilakukan tentunya adalah mengetahui minat anda bekerja. Minat ini bisa berhubungan dengan passion anda sendiri. Cari tahu dahulu minat anda dimana.

Setelah tahu minat anda dimana, baru cobalah cari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat anda. Bekerja pada pekerjaan yang sesuai minat tentu saja akan membuat anda lebih bahagia dalam menjalaninya.

Memilih Perusahaan yang Memiliki Sistem yang Jelas

Selain sesuaikan dengan minat, anda juga perlu melihat latar belakang perusahaan tersebut dahulu. Sebaiknya memilih perusahaan yang memiliki latar belakang baik serta sistem yang jelas. Hal ini membuat anda akan lebih mudah paham alur dunia kerja sesungguhnya.

Memiliki pengalaman bekerja di perusahaan yang memiliki sistem yang jelas tentu saja akan membuat pengalaman kerja anda lebih bagus. Sebab ketika anda berpindah kerja pada perusahaan yang sistemnya tidak jelas, maka dengan pengalaman anda di perusahaan sebelumnya bisa menjadi modal untuk memperbaiki sistem di perusahaan baru anda.

Jangan Fokus Pada Gaji

Sebagai seorang fresh graduate, sangat disarankan untuk tidak berfokus pada gaji terlebih dahulu. Pada umumnya seorang fresh graduate tentu saja tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali, jadi gaji yang diterima tentu saja tidak terlalu besar.

Cobalah untuk fokus mencari pengalaman kerja terlebih dahulu. Selama gaji yang ditawarkan dari pekerjaan pertama ini bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, sebaiknya diterima dahulu. Coba cari pengalaman dulu dari perusahaan pertama tersebut.

Pastikan Memiliki Kemampuan Sesuai Job Deskripsi Pekerjaan

Dalam mencoba pekerjaan pertama, pastikan anda memiliki kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut. Akan menjadi masalah bila anda menerima pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan. Meskipun dijanjikan akan di ajari, namun bukan berarti anda tidak bisa semuanya.

Minimal dasar-dasar dari job deskripsi pekerjaan harus bisa dilakukan. Dengan begitu mungkin saja perusahaan bisa membayar anda lebih mahal sedikit dibandingkan fresh graduate lainnya yang benar-benar harus diajari dari 0.

Contoh anda bekerja sebagai admin yang butuh menggunakan excel, minimal anda harus bisa menggunakan komputer seperti mengaktifkan komputer, membuka file excel, copy paste dan sebagainya. Jangan sampai menghidupkan komputer atau membuka excel pun tidak bisa, itu akan sangat menjadi masalah bila mau diajari lagi.

Nah itu dia tips buat anda yang baru fresh graduate dan ingin mencari pekerjaan pertama. Ingat pekerjaan pertama cukup mempengaruhi jalan karir anda di masa depan. Maka dari itu anda perlu mempertimbangkan dengan baik. Semoga tips ini bisa membantu ya!