Penyebab dan Cara Mengatasi Morning Depression

0
315
Penyebab dan Cara Mengatasi Morning Depression

Penyebab dan Cara Mengatasi Morning Depression – Pernahkah kamu bangun dalam keadaan cemas, gelisah, atau suasana hati yang tidak enak? Jika iya, itu adalah tanda bahwa kamu mengalami morning depression.

Morning depression adalah suatu kondisi di mana seseorang merasakan perasaan sedih, kecemasan, atau ketidakberdayaan terutama pada pagi hari setelah bangun tidur. Orang yang mengalami morning depression biasanya mengalami kesulitan dalam memulai aktivitas hariannya, merasa lelah dan lesu, serta kehilangan minat pada hal-hal yang biasanya disukainya.

Morning depression seringkali terkait dengan gangguan mood seperti depresi mayor atau gangguan bipolar. Kondisi ini dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang dan dapat memperburuk gejala-gejala gangguan mood yang mendasarinya. Penting untuk mendapatkan perawatan medis jika mengalami morning depression atau gejala depresi lainnya yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang Transferable Skill

Penyebab dan Cara Mengatasi Morning Depression

Penyebab Morning Depression

Penyebab morning depression bisa sangat kompleks dan bervariasi untuk setiap orang, namun beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini antara lain:

Gangguan tidur

Tidur yang buruk atau kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, termasuk menyebabkan morning depression. Kurang tidur atau tidur yang terganggu dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh dan mempengaruhi produksi hormon, seperti serotonin dan dopamin, yang penting untuk menjaga suasana hati yang stabil.

Perubahan hormon

Produksi hormon kortisol, hormon stres yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, biasanya meningkat pada pagi hari dan dapat mempengaruhi suasana hati seseorang. Jika produksi kortisol terganggu, seperti akibat dari gangguan adrenal atau gangguan tiroid, ini dapat menyebabkan morning depression.

Gangguan mental

Beberapa kondisi mental, seperti depresi berat, gangguan bipolar, dan gangguan kecemasan, dapat menyebabkan morning depression. Gangguan mental ini dapat mempengaruhi produksi neurotransmiter yang penting untuk regulasi suasana hati, seperti serotonin dan norepinefrin.

Efek samping obat

Beberapa obat, seperti antidepresan dan obat tidur, dapat menyebabkan efek samping yang termasuk morning depression. Penghentian tiba-tiba dari obat-obatan ini juga dapat memicu morning depression.

Stres

Stres yang berlebihan, termasuk stres akibat peristiwa hidup yang sulit seperti kematian, perceraian, atau kehilangan pekerjaan, dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang dan menyebabkan morning depression.

Kurangnya cahaya matahari

Paparan cahaya matahari yang memadai penting untuk menjaga ritme sirkadian tubuh dan produksi hormon seperti melatonin, yang mempengaruhi tidur dan suasana hati seseorang. Kurangnya paparan cahaya matahari pada pagi hari dapat mempengaruhi produksi hormon dan memicu morning depression.

Cara Mengatasi Morning Depression

Ada beberapa cara yang dapat membantu mengatasi morning depression, antara lain:

Tetap menjaga jadwal tidur yang teratur dan cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu mengatasi morning depression. Cobalah untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang

Konsumsi makanan yang sehat dan seimbang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi gejala morning depression.

Melakukan olahraga secara teratur

Olahraga dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres dan kecemasan yang mungkin menyebabkan morning depression. Cobalah untuk melakukan aktivitas fisik yang Anda nikmati, seperti berjalan kaki, jogging, atau yoga, selama setidaknya 30 menit setiap hari.

Terapi psikologis

Terapi seperti terapi kognitif-behavioral (CBT) dan terapi interpersonil (IPT) dapat membantu seseorang mengatasi morning depression dengan cara mengubah pola pikir dan perilaku yang tidak sehat.

Pengobatan obat-obatan

Beberapa obat-obatan, seperti antidepresan, dapat membantu mengatasi gejala morning depression. Namun, obat-obatan ini harus diresepkan oleh dokter dan dikonsumsi sesuai dengan dosis yang ditentukan.

Terapi cahaya

Terapi cahaya adalah pengobatan yang menggunakan paparan sinar terang untuk membantu mengatur ritme sirkadian tubuh dan mengurangi gejala morning depression.

Mengurangi stres

Mengurangi stres dapat membantu mengatasi morning depression. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang menenangkan, seperti meditasi atau pernapasan dalam, dan hindari situasi yang memicu stres.

Jika Anda mengalami morning depression, sangat penting untuk mencari bantuan dari dokter atau profesional kesehatan mental untuk menentukan penyebab dan menemukan pengobatan yang sesuai. Dengan perawatan yang tepat, morning depression dapat diatasi dan kesehatan mental seseorang dapat ditingkatkan.