5 Tips Atasi Stress di Kantor

0
357
5 Tips Atasi Stress di Kantor

5 Tips Atasi Stress di Kantor – Stress di lingkungan kerja sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Tapi banyak dari para pekerja yang menganggap hal ini sepele. Padahal stress ini bisa menimbulkan berbagai penyakit mulai dari sakit kepala, sakit perut, dan bahkan depresi.

baca juga : Tanda-Tanda Bahwa Kamu Sudah Tidak Bahagia di Kantor

Selain berefek pada fisik, stress juga bisa menurunkan motivasi kerja anda. Karena turunnya motivasi ini, anda pun tidak bisa konsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan. Maka dari itu anda harus bisa mengatasi stress yang berlebih dalam lingkungan kerja.

Berikut ini 5 tips buat anda agar bisa atasi stress di kantor :

Temukan Penyebabnya Terlebih Dahulu

Stress ini muncul karena ada satu penyebab pastinya. Coba temukan dulu penyebab kenapa anda bisa stress. Coba duduk diam dan merenung memikirkan apa yang membuat anda stress.

Bisa jadi anda sedang stress karena hal diluar dari kantor seperti masalah rumah, atau masalah pribadi lainnya.

Setelah mampu mengidentifikasi sumber masalah, maka cobalah untuk kesampingkan atau bisa saja menyelesaikan masalah tersebut dulu, baru anda bisa lebih lega. Dengan pikiran yang lega, pastinya anda akan lebih fokus untuk bekerja.

Minta Pertolongan Bila Dibutuhkan

Cobalah untuk meminta pertolongan bila anda merasa tidak bisa menahan rasa stress ini lagi. Jangan pernah takut untuk meminta bantuan. Semua orang pasti bisa kewalahan juga dalam mengerjakan sesuatu.

Meminta bantuan bukanlah hal yang memalukan. Jadi jangan ragu untuk meminta bantuan pada rekan kerja ataupun atasan anda. Tapi jangan lupa, cobalah untuk berusaha terlebih dahulu pada tugas yang anda kerjakan, kalau sudah memang buntu baru meminta bantuan para rekan kerja atau atasan.

Mengatur Waktu dengan Baik

Seringkali para pekerja mengeluh karena pekerjaan yang tidak kunjung selesai. Sebenarnya hal ini bisa jadi karena manajemen waktu yang kurang baik.

Coba lacak kembali bagaimana anda menghabiskan waktu dari jam masuk hingga jam pulang. Apakah anda sudah melakukan schedule waktu yang baik atau malah kebanyakan habis waktu untuk scrolling sosial media?

Liburan Juga Penting

Bila anda sudah memang merasa stress dan kurang produktif, bisa coba untuk mengambil cuti dan berlibur. Habiskan waktu liburan anda dengan hal yang menyegarkan agar anda bisa mengembalikan pikiran anda serta semangat anda. Berlibur juga mengurangi gejala stress yang berlebihan. Setelah rileks dan segar, nah anda bisa bekerja lebih baik lagi.

Terima Saja

Terkadang ikhlas pada setiap hal itu juga bisa menenangkan pikiran. Bila anda merasa sudah sangat stress karena pilihan yang salah ataupun pekerjaan yang salah. Cobalah untuk tidak memikirkan hal-hal itu dan ikhlas menerima hal tersebut.

Hal yang membuatmu emosi ini akan kembali netral dan tenang bila anda mulai menerima kesalahan serta ikhlas pada kesalahan tersebut.

Bila tidak ada hal positif yang dapat anda temukan, mungkin coba mulai mencari pekerjaan baru bisa menjadi motivasi baru buat anda bisa bekerja lebih fokus lagi. Anda bisa mulai mencari pekerjaan baru di kitakerja.com. Situs lowongan kerja yang mampu membantu anda untuk mencari pekerjaan baru.