Tanda Bahwa Kamu Harus Segera Pindah Jalur Karir

0
385
Tanda Bahwa Kamu Harus Segera Pindah Jalur Karir

Tanda Bahwa Kamu Harus Segera Pindah Jalur Karir – Dalam dunia kerja, pindah jalur karir sudah menjadi hal yang cukup lumrah. Kamu juga tidak perlu merasa aneh jika memang memutuskan untuk berpindah jalur karir.

Fenomena pindah jalur karir atau career switch ini terjadi karena banyak faktor. Setidaknya terdapat beberapa tanda yang menjadi pertimbangan untuk pindah jalur karir. Penasaran? Yuk simak langsung rangkuman berikut ini!

Baca Juga : Daftar Buku Rekomendasi Miliarder Dunia agar Sukses

Tanda Bahwa Kamu Harus Segera Pindah Jalur Karir

Merasa tidak berkembang

Umumnya, profesi tak hanya menjadi sumber mata pencaharian saja, namun juga sumber untuk menimba ilmu. Belajar di dunia kerja itu tidak ada habisnya. Oleh karena itu, apabila pekerjaanmu sudah tidak memberi peningkatan ilmu ataupun skill, sudah saatnya untuk mempertimbangkan career switch.

Namun kamu juga harus pastikan dahulu apakah tidak merasa berkembang karena jalur karir yang kamu pilih atau karena kondisi lingkungan kerja yang memang tidak mendukung.

Pekerjaan yang menghilangkan kepercayaan diri

Jika kamu merasa pekerjaanmu saat ini justru membuat kepercayaan diri menghilang, sudah saatnya untuk pindah jalur karir. Memang akar permasalahan kepercayaan diri bisa saja berasal dari faktor lain, namun bukan tidak mungkin alasan utamanya adalah karena minat dan passion-mu yang bukan di bidang tersebut.

Akibatnya, kamu akan kesulitan dalam bekerja tak peduli sekeras apapun kamu mencoba. Tugasmu adalah cari tahu dahulu apa faktor utama yang menjadi penyebab hilangnya kepercayaan diri saat ini.

Merasa tidak menantang

Semua bidang pekerjaan pasti memiliki tantangan tersendiri. Namun bagi sebagian orang, pekerjaan tertentu mungkin saja lebih menantang jika dibandingkan dengan pekerjaan mereka.

Sah-sah saja jika kamu merasa pekerjaanmu saat ini tidak menantang. Jika sudah merasa seperti itu, tak ada salahnya mencari bidang pekerjaan baru yang menurutmu dapat memuaskan rasa penasaran tersebut.

Merasa pekerjaan tidak berdampak

Sama seperti poin sebelumnya, setiap pekerjaan juga pasti memiliki manfaat dan dampak positif, baik itu terhadap perusahaan ataupun masyarakat sekitar. Jika kamu merasa bahwa bidang pekerjaan lain memberikan dampak lebih besar dan sesuai dengan nlilai-nilai yang kamu pegang, tak ada salahnya berpindah ke jalur karir tersebut.

Lelah secara fisik dan mental

Hampir semua orang pernah mengalami yang namanya lelah fisik dan mental, terutam di tempat kerja. Penyebab utama hal tersebut memang berbeda-beda. Namun, salah satu yang paling berpengaruh adalah rekan dan lingkungan kerja yang toxic.

Ada juga yang disebabkan oleh passion atau minat yang memang bukan di bidang tersebut. Jika kamu mengalami keduanya, sudah saatnya untuk mencari bidang karir lain yang lebih membuat mental kamu sehat dan tenang.