Fungsi Human Resource Management Untuk Meningkatkan Performa Perusahaan

0
364
Fungsi Human Resource Management Untuk Meningkatkan Performa Perusahaan

Fungsi Human Resource Management Untuk Meningkatkan Performa Perusahaan – Manajemen yang mengelola sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah perusahaan biasanya disebut dengan Human Resource Development (HRD) atau terkadang disebut juga dengan Human Resource Management (HRM). Ini merupakan bagian yang terpenting dalam mengelola performa perusahaan.

baca juga : Tanda-Tanda Bila HRD Tidak Suka Dengan Anda Ketika Interview

Pada umumnya tim HR ini menangani perekrutan karyawan, pelatihan karyawan, penilaian kinerja, serta pemberian penghargaan kepada karyawan. Intinya adalah tim HR ini memaksimalkan produktivitas karyawan serta melindungi perusahaan dari permasalahan yang bisa saja timbul.

Berikut Ini Fungsi dari Human Resource Management Dalam Meningkatkan Performa Perusahaan

Menangani Seleksi dan Rekrutmen Karyawan

Dalam melakukan proses seleksi serta rekrutmen calon karyawan, semua lamaran tentu akan dilewati oleh tim Human Resource management terlebih dahulu. Kemudian tim HR inilah yang berperan untuk menyeleksi mana calon yang cocok untuk dipanggil tes dan interview.

Terkadang HR sendiri juga menerapkan proses pencarian karyawan melalui job portal seperti kitakerja.com. Selain itu ada juga metode lainnya seperti menemukan kandidat yang cocok di berbagai sosial media platform pencari kerja.

Mengatur Pelatihan Karyawan

Dalam setiap perusahaan pasti adanya sesi pelatihan khusus untuk para karyawan. Kegiatan ini juga diurus oleh tim Human Resource Management. Selain pelatihan karyawan, tim HR juga membantu karyawan agar dapat beradaptasi dengan lingkungan perusahaan seperti perubahan serta teknologi yang ada dalam perusahaan.

Mengelola Performa Karyawan

Memanajemen performa karyawan tentu saja bagian dari Human Resource Management juga. Evaluasi performa setiap karyawan untuk dapat berkembang merupakan salah satu hal positif untuk perusahaan. Biasanya evaluasi performa ini dijalankan perbulan atau kadang pertahun. Salah satu metode yang biasa diterapkan oleh tim HR adalah sesi 1 on 1 dengan manajer atau rekan kerja. Setiap manajer berhak memberikan feedback mengenai kinerja karyawan tersebut pada HR sehingga dapat dievaluasi apakah karyawan ini berhak mendapatkan apresiasi atau tidak.

Perencanaan Karyawan

HR sendiri juga dipercaya untuk dapat mengelola perencanaan karyawan seperti menjaga kontinuitas karyawan bila ada yang hendak resign. Perencanaan karyawan ini artinya HR harus mampu dapat mencari pengganti atau pengisi posisi kosong tersebut secara efektif dalam perusahaan. Selain itu, perencanaan karyawan ini juga dibarengi dengan usaha membangun karyawan agar mereka siap untuk menuju jenjang karir berikutnya.

Itu dia fungsi sebagai seorang Human Resource Management, dengan menerapkan fungsi ini semoga perusahaan anda bisa semakin maju dan juga berkembang terutama dalam performa bisnis.