Tips Agar HRD Lebih Terkesan Ketika Wawancara Kerja

0
105
Tips Agar HRD Lebih Terkesan Ketika Wawancara Kerja

Tips Agar HRD Lebih Terkesan Ketika Wawancara Kerja – Wawancara kerja merupakan salah satu proses penting ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Tahapan wawancara setiap perusahaan pastinya bisa berbeda-beda.

baca juga : Beberapa Zodiak yang Sulit Diajak Bekerja Sama

Pada dasarnya, proses wawancara kerja ini dilakukan oleh pihak HRD, namun ada juga perusahaan yang wajib menjalani wawancara kerja dengan pihak user. User biasanya merupakan manajer ataupun supervisor yang akan menjadi atasanmu.

Menjelang waktu wawancara kerja, pasti ada saja perasaan campur aduk. Salah satunya gugup yang berlebihan, tapi hal ini wajar karena baru saja menghadapi situasi semacam ini. Atau bahkan yang sudah pernah wawancara juga pasti bisa gugup.

Tapi anda perlu ingat, wawancara kerja merupakan sebuah momen penting. Bila anda gugup ataupun grogi, itu akan menghancurkan konsentrasimu. Jadi anda perlu fokus ketika wawancara dan menjawab semua pertanyaan pewawancara.  Agar kesan pertamamu tidak rusak, terdapat beberapa tips untuk anda yang bisa membuat HRD lebih terkesan kepada anda ketika melakukan wawancara.

Berikut ini tips agar HRD lebih terkesan ketika anda melakukan wawancara

Memasang wajah senyum

Ketika memasuki ruang wawancara ataupun ketika sedang melakukan wawancara via online dan melihat wajah pewawancara, tebarkan senyum manismu. Tunjukan bahwa anda adalah orang yang ramah. Dalam situasi tersebut, anda harus lebih terlihat santai, tidak tegang dan juga serius walau dalam hati anda sudah merasa gugup. Bila anda tersenyum dulu, maka biasanya pewawancara akan membalas senyummu. Kesan pertama yang paling diingat oleh pewawancara. Namun senyum sewajarnya, jangan berlebihan. Dengan senyum ini, suasana akan lebih cair dan membuatmu lebih nyaman. Tetaplah percaya diri dalam sesi wawancara kerja.

Menyapa duluan

Ketika melakukan jabat tangan dengan pewawancara atau ketika wawancara online dan anda masuk ke room conference tersebut, anda harus menyapa terlebih dahulu. Bisa saja anda melontarkan kata “Halo”, “Hai” atau menyebut nama depanmu sebagai awal perkenalan. Dengan begini anda akan dianggap sebagai pribadi yang ramah dan tidak sungkan untuk melakukan percakapan.

Menjaga etika

Jagalah etika anda ketika melakukan proses wawancara. Hal ini merupakan hal yang mutlak dan dapat menjadi pertimbangan HRD untuk menerimamu. Percuma bila anda sudah tersenyum, memberikan salam, tapi anda tidak ada etika ketika melakukan wawancara. Image yang telah anda bangun dari awal wawancara telah hancur seluruhnya. Maka dari itu jagalah etikamu ketika wawancara. Contoh jangan terlalu banyak tertawa, memainkan rambut, pandangan tidak fokus, berbohong, ataupun menggunakan bahasa yang buruk.

Duduklah dengan sopan, postur tubuh yang tegak, dan jangan bicara bila tidak ditanya kecuali anda dipersilahkan untuk bertanya, jangan memotong pembicaraan, hindari berbohong dan gunakan kalimat yang baik. Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kontak mata ketika melakukan wawancara.

Tetap Tenang

Walaupun anda telah gugup, grogi, tapi berusahalah untuk tetap tenang. Atasi ketidaknyamanamu dengan menarik nafas beberapa detik dan kemudian menghembuskannya. Dengan cara itu mungkin bisa menghilangkan perasaan cemas. Bila tanganmu bergetar, taruhlah dalam pangkuanmu, jangan diatas meja. Tetap pertahankan senyum dan berpikir positif. Fokus pada kekuatan dirimu, ingat bahwa anda wawancara dengan membawa kemampuan, keahlian dan kompetensi yang anda miliki. Hal ini akan membuatmu lebih percaya diri dan dapat menjawab semua pertanyaan dengan baik.

baca juga : Beberapa Alasan Mengapa Istirahat Cukup itu Sama Pentingnya dengan Bekerja Keras

Sekian dari tips untuk anda agar bisa terlihat lebih terkesan di mata pewawancara / HRD. ingat untuk tetap menyiapkan diri sehari sebelum wawancara kerja, tidur yang cukup agar ketika bangun pagi pikiran lebih fresh. Datang tepat waktu atau minimal beberapa menit sebelum wawancara dimulai agar tidak terburu-buru. Persiapkan semuanya dengan matang dan selamat mencoba wawancara dengan tips tips diatas. Bila anda belum mendapatkan panggilan dari HRD perusahaan untuk wawancara, anda boleh mulai mencari lowongan pekerjaan lainnya di kitakerja.com. Kitakerja dapat membantu anda menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan keahlian anda. Ribuan lowongan kerja di medan ataupun di Indonesia tersedia di kitakerja.com. Ayo buruan cari lowongan dan karir impian anda di kitakerja.