5 Tips Menghindari Gosip di Lingkungan Kerja

0
48
5 Tips Menghindari Gosip di Lingkungan Kerja

5 Tips Menghindari Gosip di Lingkungan Kerja – Bergosip di lingkungan kerja memang kerap kali terjadi. Ada saja hal yang bisa digosipkan, mulai dari hubungan antar sesama rekan kerja, atasan, hingga klien ataupun orang luar.

Gosip yang tidak terkontrol terutama di jam kerja dapat membuat anda menjadi kurang nyaman saat bekerja. Lingkungan kerja yang dipenuhi dengan gosip termasuk sudah tidak sehat. Lantas bagaimana cara menghadapinya? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini.

Baca juga : Lakukan Hal ini Ketika Kerjaanmu Cepat Selesai

5 Tips Menghindari Gosip di Lingkungan Kerja

Tidak mulai dan ikutan bergosip

Cara paling sederhana adalah jangan pernah memulai atau menjadi orang pertama yang bergosip. Untuk apa bergosip jika orang yang anda gosipkan tidak mengusik anda. Lebih baik tidak mencampuri urusan orang lain dan fokus bekerja.

Jadi pendengar yang baik

Misalkan anda terjebak dalam obrolan yang berujung menjadi gosip, jangan ditanggapi. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik saja dan tidak memberikan komentar yang seolah-olah mendukung perkataan rekan anda. Untuk menghindari obrolan seperti ini, anda bisa mengatakan bahwa anda tidak mengetahui apapun dan mencari alasan untuk segera meninggalkan mereka.

Jaga jarak dengan tukang gosip

Di dalam lingkungan kerja, tentu anda mengetahui siapa-siapa saja yang menjadi tukang gosip. Jika sudah tahu, sebaiknya jaga jarak dengan mereka. Anda tidak perlu terlalu akrab dengan mereka karena bisa saja anda yang terseret dalam obrolan mereka.

Bukan berarti tidak bersosialisasi dengan mereka. Jika perlu, ngobrol seperlunya saja apalagi mengenai pekerjaan. Berteman dengan tukang gosip juga akan membuat imej anda ikut terseret apabila suatu hari gosipan mereka menjadi masalah besar.

Tidak perlu cari perhatian atasan

Seperti yang kita tahu, persaingan di dunia kerja memang sangat sengit ibarat hutan rimba. Meski begitu, anda tidak perlu sampai mencari perhatian ataupun menjilat atasan untuk kepentingan pribadi. Hal-hal seperti itulah yang akan memancing tukang gosip untuk mulai bergosip.

Tidak kepo

Sifat kepo atau ingin tahu segala sesuatu memang menjadi sifat yang dimiliki banyak orang. Jika anda memiliki sifat ini, anda harus hati-hati karena bias-bisa anda yang menjadi pemicu gosip karena terlalu ingin tahu masalah orang lain.

Sebaiknya sifat kepo ini anda gunakan dalam bekerja seperti mencari lebih banyak informasi tentang pekerjaan anda ataupun skil terbaru.