Apa Sih Perbedaan Corporate dan Business Strategy?

0
316
Apa Sih Perbedaan Corporate dan Business Strategy?

Apa Sih Perbedaan Corporate dan Business Strategy? – Corporate dan Business strategy merupakan dua hal yang berbeda. Setiap perusahaan pastinya memiliki salah satu strategy ini untuk mencapai tujuan dari bisnis mereka.

baca juga : Tips Bangun Personal Branding di Sosial Media

Kedua strategy tersebut pastinya digunakan untuk meningkatkan performa dari perusahaan agar bisa mendapatkan profit. Meski sama-sama strategy, namun fokus serta manfaat dari strategy ini berbeda.

Jadi, apa sih perbedaan antara corporate strategy dengan business strategy? :

Corporate Strategy Lebih Menentukan Target Pasar

Setiap bisnis pastinya memiliki strategi untuk memasuki pasar baru. Bahkan strategi ini bisa menjadi perkembangan perusahaan kedepannya.

Biasanya corporate business selalu menentukan target pasar terlebih dahulu baru memikirkan cara masuk kedalamnya. Seperti contohnya apa yang digeluti perusahaan, bagaimana unit bisnis perusahaan agar bisa menambah value, serta pertumbuhan perusahaan.

Business Strategy Lebih Menarik Konsumen

Nah sedangkan untuk business strategy, perusahaan lebih berfokus pada cara menarik perhatian konsumen agar bisa menambahkan profit. Strategi ini biasanya membantu perusahaan untuk bersaing dengan kompetitor.

Dengan business strategy, perusahaan dapat mencapai beberapa tujuan seperti menambah konsumen, kepuasan konsumen, meningkatkan profit, serta memprediksi produk yang ditawarkan. Perusahaan biasanya selalu menunjukkan keunggulan serta manfaat produk sehingga bisa mendapatkan konsumen.

Berbeda Fokus

Fokus pada corporate strategy biasanya pada pembuatan serta menambah value perusahaan, mengembangkan perusahaan, memaksimalkan profit dan mengurangi pengeluaran dari perusahaan.

Sedangkan pada business strategy, fokusnya pada value terhadap konsumen, melakukan daya saing pada kompetitor di pasar, serta menciptakan harga terbaik dalam industri serta pasar.

Cakupan Corporate Strategy Lebih Luas

Bila dibandingkan corporate dan business, strategy dalam corporate lebih luas. Pengembangan business strategy perusahaan juga harus tetap sejalan dengan corporate strategy.

Sebuah business strategy biasanya digunakan oleh beberapa departemen dalam perusahaan untuk meraih tujuan penjualan. Sedangkan corporate strategy digunakan perusahaan untuk mengembangkan visi perusahaan secara menyeluruh.

Manfaat dari Corporate dan Business Strategy

Dari kedua strategi ini, tentunya biasanya dijalankan oleh perusahaan secara bersama-sama meskipun memiliki tujuan berbeda. Jadi biasanya perusahaan tetap membagi perdivisi untuk mencapai misi kedua strategy tersebut.

Corporate strategy fokus pada operasi bisnis berjalan secara efisien, sustainability jangka panjang dan memastikan perusahaan sejalan dengan visi misi yang dibuat, meminimalisir resiko, memaksimlakan profit serta meningkatkan manajemen perusahaan.

Sedangkan business strategy berfokus pada arah bisnis, keputusan bisnis, mendapatkan keuntungan kompetitif pasar, meningkatkan performa produk dan membantu memuaskan konsumen.

Nah jadi itu dia beda strategy corporate dan business. Tentu saja kedua ini berbeda dan mudah dipahami. Meskipun pada akhirnya ini nanti akan searah ketika dijalankan, tapi tetap saja anda harus bisa membedakan kedua strategy tersebut agar perusahaan dapat berkembang.