Hal yang Dapat Anda Tulis Di CV Meski Tidak Ada Pengalaman Kerja

0
466
Hal yang Dapat Anda Tulis Di CV Meski Tidak Ada Pengalaman Kerja

Hal yang Dapat Anda Tulis Di CV Meski Tidak Ada Pengalaman Kerja – CV merupakan sebuah dokumen penting ketika seseorang ingin melamar kerja. Di dalam CV biasanya berisi riwayat hidup dengan biodata diri serta rincian pendidikan dan pengalaman kerja.

baca juga : Kesalahan Kecil Ketika Menulis CV Sehingga Gagal Interview

Namun salah satu hal yang menjadi kendala dalam pembuatan CV adalah seorang fresh graduate yang tidak tahu mau tulis apa pada bagian pengalaman kerjanya. Hal ini disebabkan karena fresh graduate masih belum ada pengalaman kerja. Dalam dunia kerja, pengalaman kerja merupakan sebuah nilai plus ketika ingin melamar sebuah pekerjaan.

Berikut ini hal yang dapat anda tulis di CV Meskipun Tidak Ada Pengalaman Kerja

Pengalaman Berorganisasi

Pengalaman organisasi ini bisa anda masukkan dalam CV. Organisasi ini bisa saja organisasi dalam kampus ataupun ketika sekolah, dan bahkan bila mengikuti komunitas organisasi di luar dari hal tersebut juga bisa.

Jangan lupa sebutkan apa bagian anda dalam sebuah organisasi tersebut serta tugas-tugas yang telah anda kerjakan pada organisasi tersebut. Tentunya ini cukup menarik perhatian para rekruter bila anda memiliki pengalaman organisasi.

Pengalaman Magang

Tidak semua kampus mewajibkan magang, namun ada beberapa kampus yang mewajibkan para mahasiswa tingkat akhir untuk melakukan magang. Nah pengalaman dari magang ini dapat anda tulis juga sebagai pengalaman di CV. Kegiatan magang ini cukup bermanfaat sebab bisa saja terkadang pekerjaan yang dilakukan di magang sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar.

Prestasi

Bila anda pernah mengikuti lomba atau kompetisi yang ada di kampus ataupun sekolah, tidak ada salahnya prestasi ini bisa anda masukkan dalam CV. usahakan prestasi yang anda masukkan juga sesuai dengan bidang pekerjaan yang anda daftarkan. Semakin tinggi sebuah level prestasi tentu saja akan menambah nilai ketertarikkan HRD dengan CV anda.

Kegiatan Relawan

Anda pernah mengikuti kegiatan relawan? Bila iya maka kegiatan ini juga bisa dimasukkan dalam pengalaman CV anda. Kegiatan sosial tentu memberikan banyak manfaat bagi para partisipannya. Kegiatan relawan ini biasanya sudah terlatih dengan kondisi dan kerja sama tim, tentu hal ini bisa menarik perhatian HRD yang sedang melihat CV anda.

Jadi meskipun anda sebagai fresh graduate belum memiliki pengalaman kerja, anda tetap bisa menuliskan CV dengan daya tarik yang bagus. Nah jadi tunggu apalagi, ayo mulai dari sekarang menuliskan CV anda dan cari lowongan pekerjaan di kitakerja.com.