Ini Dia Hal Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Profesi Data Scientist

0
606
Ini Dia Hal Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Profesi Data Scientist

Ini Dia Hal Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Profesi Data Scientist – Biasanya profesi Data Scientist tidak lari dari Big Data. Perusahaan biasanya membutuhkan seseorang yang mampu untuk menganalisis data, punya rasa keingintahuan yang tinggi serta dapat menerjemahkan data menjadi sebuah ide baru untuk mendatangkan keuntungan.

Data scientist biasanya diminta untuk mengubah data rumit ke format yang lebih mudah di baca. Data scientist juga diharapkan dapat menemukan pola dan melihat tren sehingga dapat dibuat sebuah hipotesis. Kesimpulan tersebut kemudian bisa menjadi dasar rekomendasi dari sebuah keputusan perusahaan untuk meningkatkan nilai bisnis.

Data scientist biasanya diharapkan dapat mengkomunikasikan konsep teknis kepada pengguna non0teknis. Analsis tersebut juga harus disajikan dengan cara yang jelas dan ringkas serta mudah di mengerti.

Perbedaan Data Analyst, Data engineer dan Data Scientist

Bila anda yang baru saja mau memulai karir dalam bidang yang terkait dengan data, anda dapat memulai dengan Data Analyst. Anda harus memiliki ilmu statistik yang kuat agar dapat memahami teknik pengolahan data, pemodelan dan pelaporan serta dasar dari pemahaman yang kuat mengenai bisnis.

Sementara data engineer harus bermodal gelar master dalam bidang data ataupun memiliki pengalaman Data Analyst. Data engineer perlu mengerti alur data serta optimalisasi kinerja.

Kemudian data scientist yang sudah harus mampu menganalisis dan menafsirkan data digital yang kompleks. Selain ilmu statistika dan pemrograman, data scientist juga perlu pengetahuan mengenai bisnis.

Keahlian yang dibutuhkan Data Scientist

Pengetahuan mengenai kalkulus dan aljabar dari matematika sangatlah penting untuk pekerjaan Data Scientist. Sarjana dari lulusan statistik juga lebih disukai karena ilmu statistika sangat diperlukan untuk menentukan algoritma dan mengembangkan software learning.

Anda juga dapat memperkaya pengetahuan mengenai komputer agar bisa membuat model dan algoritma. Bahasa pemrograman yang dapat dipelajari yaitu Phyton, R dan SQL.

Seorang data scientist harus mempunyai kreativitas dan kemampuan berpikir yang kritis. Dengan begitu anda dengna mudah tau apa saja yang bisa dilakukan dengan data-data, dan hal yang tersirat di balik deretan angka dan fakta. Keahlian ini akan membantu anda untuk menganalisa dan memecahkan masalah.

Keterampilan lainnya adalah kemampuan berkomunikasi. Anda harus dapat menyampaikan ide kompleks kepada stakeholder yang tidak paham mengenai teknis. Anda juga harus banyak berinteraksi dengan ahli data lainnya.

Gaji Data Scientist

Data scientist biasanya diperlukan di startup hingga perusahaan besar. Biasanya gaji dari Data Scientist dimulai dari kisaran Rp 4 juta hingga Rp 10 juta. Tapi ada juga perusahaan yang dapat menjanjikan gaji Data Scientist di atas Rp 10an juta.

Untuk para fresh graduate yang tertarik dengan karir ini, anda dapat memulainya sebagai Data Analyst. Selain pengalaman kerja, anda juga mendapatkan pelatihan tambahan serta dapat memahami machine learning dan deep learning. Dengan skill yang memadai, anda bsia menjadi Data Scientist di masa mendatang. Ayo cari karir Data Scientist di Jova DB.