5 Masalah HRD yang Sering Dialami Para Pebisnis UKM

0
192
5 Masalah HRD yang Sering Dialami Para Pebisnis UKM

5 Masalah HRD yang Sering Dialami Para Pebisnis UKM – Human Resource Department atau yang lebih sering kita sebut HRD merupakan suatu departemen yang bertanggung jawab terhadap SDM di perusahaan. Oleh karena itu, tim HRD tentu seringkali menghadapi berbagai masalah.

Terutama masalah kebijakan yang berhubungan dengan karyawan. Lantas apa saja masalah yang dimaksud?

Baca juga:


Berikut 5 Masalah HRD yang Sering Dialami Para Pebisnis UKM

Merekrut Karyawan Baru

Masalah pertama yang seringkali dialami oleh HRD adalah perekrutan karyawan baru. Mencari karyawan dengan skill dan karakter yang sesuai dengan kebutuhan kantor memang menjadi suatu tantangan tersendiri. Yang lamar memang banyak, tapi yang cocok bahkan bisa tidak ada.

Mempertahankan Karyawan

Setelah merekrut karyawan baru, masalah berikutnya adalah mempertahankan karyawan. Bayangkan bila perusahaan sudah berinvestasi banyak seperti ilmu dan pelatihan namun karyawan tersebut memutuskan untuk resign.

Oleh karena itu, HRD harus bisa tahu bagaimana agar karyawan-karyawan bagus bisa tetap bertahan di kantor.

Produktivitas

Tim HRD juga harus bisa memastikan setiap karyawan produktif. Jika ada karyawan yang tidak produktif, HRD juga harus bisa mengetahui apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Pelatihan Karyawan

Berikutnya adalah pelatihan karyawan. Pelatihan karyawan sendiri penting untuk pengembangan diri karyawan sehingga menjadi lebih profesional. Tim HRD harus bisa merencanakan strategi pelatihan karyawan yang sesuai dengan departemen dan skill karyawan tersebut guna meningkatkan kemampuan mereka.

Gaji

Yang terakhir apalagi kalau bukan masalah gaji. Gaji memang menjadi hal yang harus diperhatikan secara teliti oleh tim HRD dan bagian keuangan. Memberikan gaji sesuai tanggal gajian dan tidak boleh terlambat, mengatur jumlah gaji sesuai dengan kinerja karyawan, hingga laporan-laporan lainnya menjadi tanggung jawab tim HRD.

Nah, terbayang kan gimana pusingnya menjadi seorang HRD? Gimana menurut kalian?