Alasan Kenapa Menjadi Pemimpin Juga Harus Introspeksi Diri

0
313
Alasan Kenapa Menjadi Pemimpin Juga Harus Introspeksi Diri

Alasan Kenapa Menjadi Pemimpin Juga Harus Introspeksi Diri – Menduduki jabatan pemimpin merupakan sebuah kebanggaan. Anda pasti akan dihormati oleh orang-orang sekitar perusahaan. Pada umumnya posisi seorang pemimpin ini akan membuat dirinya lebih terpandang.

baca juga : Tips Menjadi Pemimpin yang Sukses, Tidak Lempar Kerjaan Loh!

Seorang pemimpin juga seorang manusia biasa, pastinya harus memiliki kewajiban untuk intropeksi diri juga. Sudah menjadi seorang pemimpin bukan berarti tidak mau untuk intropeksi diri loh.

Berikut ini alasan kenapa seorang pemimpin juga harus intropeksi diri :

Kekurangan

Manusia tidak ada yang sempurna. Pasti ada saja kekurangan dari dalam diri mereka sendiri. Entah itu kekurangan sikap ataupun perilaku. Menjadi seorang pemimpin kadang bisa buat orang terlena dan menganggap dirinya bahwa sudah menjadi manusia sempurna yang tidak memiliki kekurangan.

Coba renungkan kembali apakah anda pantas bersikap seperti itu. Seorang pemimpin juga tidak lepas dari kekurangan. Anda sebagai pemimpin harus coba untuk intropeksi diri apa kekurangan yang ada pada diri anda.

Bersikap Tidak Adil

Menjadi seorang pemimpin bukan berarti bisa bersikap sesuka hati. Tidak ada seorang pun yang berhak menegur atau menasehati anda. Tidak boleh pemikiran seperti itu.

Sebagai seorang pemimpin, anda harus bisa mengintropeksi diri. Tanpa disadari bahwa terkadang kita bisa saja berbuat tidak adil pada bawahan. Coba untuk intropeksi diri dan sadarkan bahwa ingat kita hanya manusia biasa, tidak boleh bertindak semena-mena.

Berbuat Salah

Seorang pemimpin terkadang sudah merasa dia paling benar. Tidak ada yang boleh berdebat dengan dia. Padahal pemimpin juga seorang manusia, pasti terkadang ada salahnya juga.

Seorang pemimpin wajib mengintropeksi diri dan merenungkan perbuatan yang telah dilakukan. Jangan asal lempar tanggung jawab seolah-olah bukan kesalahan dia.

Intropeksi Diri Membuat Diri Anda Lebih Bijaksana

Menjadi seorang pemimpin tidak perlu dibanggakan. Sebab bila jabatan pemimpin tapi sikap tidak seperti pemimpin buat apa. Seorang pemimpin tidak hanya tentang masa lama bekerja atau kinerja yang bagus, tapi juga tentang sikap serta perilaku.

Seorang pemimpin harus bisa intropeksi diri agar bisa tahu dimana kesalahan serta kekurangan dia. Intropeksi diri tidak menurunkan wibawa anda, justru membuat anda terlihat lebih bijaksana dalam bersikap.

Jabatan pemimpin memang terkadang membuat orang lebih sombong. Bahkan ada pemimpin yang berbuat semena-mena kepada bawahannya. Perilaku tersebut tentu saja sangat tidak bijak. Maka dari itu seorang pemimpin harus bisa intropeksi diri juga. Bila jabatan anda seorang pemimpin, apakah anda sudah menerapkan hal tersebut?