Jangan Emosi, Ini Tips Untuk Hadapi Tuduhan di Kantor

0
319
Jangan Emosi Ini Tips Untuk Hadapi Tuduhan di Kantor

Jangan Emosi, Ini Tips Untuk Hadapi Tuduhan di Kantor – Bekerja pada sebuah perusahaan pastinya akan bertemu juga dengan berbagai karakteristik manusia.  Ada yang baik, tapi terkadang ada juga sebaliknya. Namun terkadang juga ada yang diam-diam menusuk dari belakang.

baca juga : Cara Mudah Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Yang diam-diam menusuk dari belakang ini cukup mengerikan sebab bisa saja menuduh anda hal yang tidak-tidak. Bila hal ini terjadi pada anda, usahakan untuk tidak emosi dan tetap bersikap profesional. Anda harus tetap bijak dalam menghadapinya.

Berikut ini tips untuk hadapi tuduhan di kantor :

Mengabaikan Tuduhan yang Tidak Berdasar

Tuduhan dalam kantor ini bisa saja tuduhan yang untuk cari drama, atau tuduhan yang merupakan fakta yang memang kesalahan anda. Bila tuduhan ini bersifat pancingan untuk ribut atau drama, abaikan saja tuduhan tersebut. Anda tidak perlu respon sama sekali karena anda memang tidak bersalah.

Tetap Kerjakan Pekerjaan Anda Seperti Biasa

Cobalah tetap rileks dan mengabaikan segala tuduhan yang ada. Anda masih ada pekerjaan yang perlu diselesaikan, jadi cobalah untuk tetap fokus dan mengerjakan pekerjaan seperti biasa saja. Terkadang tuduhan dalam tempat kerja itu hanya seperti angin lewat saja, semakin tidak di respon ya nanti akan hilang sendirinya.

Meminta Bukti dan Dasar Tuduhan Tersebut

Cara lainnya untuk menghadapi tuduhan tersebut adalah meminta bukti dan dasar dari tuduhan tersebut. Biasanya orang yang memberikan tuduhan ini akan sedikit panik bila dimintai oleh bukti atau dasar dari sebuah tuduhan.

Tapi anda harus tetap bijak dan santai ketika meminta bukti ini, jangan dicampur dengan emosi. Kalau penuduh ini terdiam dan tidak menjawab, berarti memang tidak ada bukti dan dia sendirinya pasti akan pergi dan tidak memberikan jawaban apapun.

Mempersiapkan Bukti Pembelaan Diri

Bila tuduhan dalam kantor ini masih berlanjut dan semakin besar setiap harinya, maka anda harus bisa menghadapinya dengan menyiapkan bukti. Bukti ini sangat berguna agar anda bisa membela diri bahwa anda tidak bersalah dan bisa bebas dari tuduhan.

Namun bila anda masih saja di tuduh dengan bukti yang tidak benar, maka sudah jelas tuduhan itu berusaha untuk menjatuhkan anda. Jadi anda harus tetap profesional dalam menjawabnya dan matang untuk mempersiapkan bukti.

baca juga : Pertimbangan Sebelum Memutuskan Resign Demi Gaji Lebih Tinggi

Memang dalam dunia kerja ini membutuhkan mental yang kuat. Anda harus tetap kuat dan tenang untuk menghadapi situasi seperti ini. Cobalah untuk tetap profesional dalam menghadapi segala masalah dalam dunia kerja sebab ini akan berpengaruh pada masa depan karir anda. Bila anda merasa sudah tidak betah, anda bisa saja melakukan resign dan mulai cari lowongan kerja baru di Kitakerja.com. Daripada mental anda yang terkuras pada lingkungan kerja toxic tersebut, sebaiknya mencari peluang bisnis baru.