Soft Skill yang Dilihat Oleh HRD di CV Ketika Melamar Pekerjaan

0
314
Soft Skill yang Dilihat Oleh HRD di CV Ketika Melamar Pekerjaan

Soft Skill yang Dilihat Oleh HRD di CV Ketika Melamar Pekerjaan – Melamar pekerjaan tentu menjadi salah satu hal yang paling menantang. Apalagi di tengah badai krisis ekonomi saat ini, banyak perusahaan yang sangat selektif dalam memilih karyawan. Terutama untuk anda yang masih kurang memiliki kemampuan ataupun pengalaman, pastinya akan sulit untuk diterima.

baca juga : Inilah Beberapa Role Digital Marketing dan Skill yang Dibutuhkan

Maka dari itu, bila anda tidak memiliki pengalaman ataupun kemampuan apapun, setidaknya anda memiliki beberapa soft skill yang cukup menarik perhatian para HRD.

Berikut ini Soft Skill yang dilihat oleh para HRD ketika anda melamar pekerjaan

Komunikasi

Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu soft skill yang paling diincar oleh HRD ketika mereka melihat CV lamaran pekerjaan. Dengan adanya komunikasi yang baik, tentunya sudah menjamin pertukaran informasi yang lebih baik dan juga akurat. Komunikasi dalam dunia kerja tidak hanya bicara dua arah, tapi juga dengan orang lain mulai dari negosiasi hingga presentasi.

Berpikir Kritis

Berpikir kritis tentu akan membuatmu mudah untuk menyelesaikan masalah yang kompleks ataupun rumit. Anda dapat menganalisis masalah, mencari jalan keluar, serta mengimplementasikan hal-hal yang memang perlu dilakukan. Dengan berpikir seperti ini, anda dapat mengumpulkan berbagai macam hal lainnya seperti riset, proses data, strategi, dan juga masalah lainnya.

Fleksibilitas

Fleksibilitas ini sebenarnya banyak dilewatkan oleh orang-orang. Fleksibel ini secara garis besar berarti anda dapat beradaptasi secara cepat baik itu terhadap perubahan ataupun tekanan. Dengan cepatnya anda beradaptasi pada lingkungan baru, tentu saja ini dapat meningkatkan produktivitas perusahaan agar tidak perlu membuang waktu lama mentraining anda yang baru masuk kerja.

Jiwa kepemimpinan serta Kerja Sama

Dua hal ini juga menjadi hal yang penting serta dilirik oleh HRD. Karena pada dasarnya perusahan tentu saja memerlukan kerja sama tim dalam sebuah project yang di kerjakan. Apabila anda memiliki jiwa kepemimpinan yang baik serta kerja sama antar tim yang baik, pasti anda akan dengan mudah dilirik oleh HRD ataupun atasan. Tapi tentu nya tidak semua orang memiliki kedua skill ini secara bersamaan, mungkin ada yang dapat bekerja sama saja tapi tidak memiliki jiwa kepemimpinan.

Namun tidak perlu khawatir sebab jiwa kepemimpinan ini tentunya bisa dilatih juga. Tidak semua hal bisa langsung instan bisa, dan pasti perlu kesabaran untuk mengasah skill ini.

Mampu Memanajemen Waktu Dengan Baik

Memanajemen waktu bukan hanya sekedar selalu datang on time dan sebagainya. Tapi hal ini tergantung pada anda bagaimana membagi waktu, mulai dari masuk kerja, kerjaan A, kerjaan B, makan siang, dan waktu istirahat. Bagaimana anda bisa membagi waktu dengan baik. Hal ini tentu saja dilihat oleh HRD karena pada dasarnya orang yang dapat memanajemen waktu dengan baik pasti dapat bekerja dengan efektif dan juga efisien. Selalu mengedepankan prioritas, mengerjakan tepat waktu sebelum deadline, dan sebagainya.

Itu dia soft skill yang memang dilirik duluan oleh HRD ketika anda melamar pekerjaan. Jangan perlu khawatir bahwa anda merasa tidak bisa melakukan beberapa tips di atas, anda masih punya waktu untuk mengasah soft skill tersebut.