Tips Agar Meeting Online Tidak Membosankan

0
86

Tips Agar Meeting Online Tidak Membosankan – Ketika pertemuan tatap muka dibatasi karena pandemi COVID-19, meeting virutal telah menjadi sebuah kebiasaan baru untuk bertemu dengan rekan kerja atau dengan klien. Namun, pertemuan dibatasi layar ini kerap menimbulkan kebosanan.

Pertemuan tanpa tatap muka membuat interaksi antar peserta meeting terbatas. Selama meeting virtual berlangsung, peserta hanya bisa menyimak ataupun berbicara di depan layar. Aktivitas ini membuat meeting menjadi membosankan, akibatnya peserta meeting kurang fokus dan mengantuk. Tapi tenang, terdapat beberapa solusi yang akan membuat meeting virtual menjadi lebih menyenangkan.

Berikut ini Tips Agar Meeting Online Tidak Membosankan

Lebih Aktif

Agar tidak membosankan, meeting virtual harus melibatkan semua peserta. Buat setiap orang dalam ruang meeting tersebut menyampaikan ide dan gagasannya. Ketika semua proaktif, maka akan lebih mudah untuk mendapatkan konklusi ataupun gagasan.

Icebreaking

Membahas hal-hal serius terlalu lama membuat peserta bosan, untuk mencairkan suasana cobalah melempar topik ringan diselingi dengan kelakar. Tapi ingat, topik topik tersebut harus tetap sopan dan tidak menyerang satu pihak. Apalagi bila anda sedang meeting dengan atasan ataupun klien.

Perbanyak interaksi

Rasa bosan biasanya datang karena diam terlalu lama, maka dari itu perlu ada interaksi antar peserta. Ketika anda presntasi, jangan terus meneruskan memaparkan materi. Tapi beri kesempatan peserta lain untuk memberikan tanggapan pada poin tertentu. Hal ini membuat meeting lebih fokus. Anda juga bisa eminta pendapat dari rekan kerja ataupun klien yang mengikuti meeting.

Menggunakan visual yang menarik

Menyimak satu orang presentasi dilayar komputer membuat pikiran jenuh, cobalah untuk gunakan video, foto ataupun infografis menarik dalam pemaparan materi. Hal ini bisa membuat peserta meeting tertarik untuk melihat materi yang disampaikan. Selain itu, berdasarkan riset seseorang lebih mudah mencerna dan mengingat informasi yang disampaikan melalui visual.

Itu dia tips tips cara untuk menghindari kebosanan ketika meeting virtual. Semoga dapat bermanfaat dan selamat beraktvitas.