Apa sih Perbedaan Tugas Accounting dan Finance dalam Perusahaan?

0
27
Apa sih Perbedaan Tugas Accounting dan Finance dalam Perusahaan?

Apa sih Perbedaan Tugas Accounting dan Finance dalam Perusahaan? – Dalam sebuah perusahaan pastinya ada istilah Accounting dan Finance. Keduanya ini biasanya dianggap sebagai posisi yang sama karena menyangkut keuangan. Selain itu, karyawan accounting dan finance juga berasal dari lulusan yang sama yaitu lulusan akuntansi. Tapi apakah benar kedua posisi tersebut sama?

baca juga : Pertimbangkan Hal Berikut Sebelum Memutuskan Resign di Masa Pandemi!

Pada nyatanya, accounting dan finance sebenarnya berbeda. Walaupun keduanya sama-sama mengurus keuangan, bukan berarti sama. Tugas spesifik dari keduda posisi tersebut berbeda.

Pengertian Accounting

Accounting pada dasarnya merupakan proses pencatatan transaksi keuangan yang sistematis dan komprehensif yang berkatian dengan bisnis. Biasanya akuntansi lebih mengacu pada proses meringkas, menganalisa, dan melaporkan transaksi kepada badan pengawas, regulator dan penagih pajak.

Pengertian Finance

Finance merupakan ilmu dalam pengelolaan uang dan proses aktual untuk memperoleh dana yang mempengaruhi kehidupan perusahaan. Finance biasanya berhubungan dengan pengawasan, penciptaan dan studi keuangan, perbankan, kredit, investasi, aset dan liabilitas untuk pembentukan sistem keuangan.

Perbedaan Tugas Accounting dan Finance

Setelah mengetahui pengertian masing-masing dari Accounting dan Finance, kini kita sudah bisa melihat hal mendasar yang membedakan keduanya. Jadi berikut ini tugas dan tanggung jawab dari accounting dan finance.

Tugas Accounting

Walau mengatur keuangan perusahaan, tapi pada bagian akuntansi tidak bersinggungan langsung dengan uang. Accounting hanya memproses dan mengelola laporan keuangan dan mencatat transaksi dari bisnis. Setelah melakukan pencatatan, akuntan harus melakukan otorisasi pada setiap divisi.

Contohnya ada transaksi pada bagian gudang, maka akuntan harus melakukan otorisasi pada bagian marketing. Setelah itu akuntan membuat laporan keuangan untuk memeriksa bahwa transaksi telah tercatat.

Selain itu accounting juga memiliki tanggung jawab pada urusan pajak. Akuntan harus bertanggung jawab pada pengelolaan data keuangan perusahaan untuk perhitungan pajak. Akuntan harus bisa memberikan saran perencanaan finansial kepada perusahaan yang hal tersebut sangat berdampak pada pajak.

Tugas Finance

Bila accounting sendiri tidak berhubungan dengan uang, maka finance langsung berhubungan langsung dengan uang. Finance lebih fokus pada tugas dan tanggung jawab pencairan, pengelolaan, pengalokasian dana, dan juga melakukan pembayaran pada perusahaan.

Selain itu, bagian finance juga bertanggung jawab untuk mengatur keuangan kas perusahaan dan memastikan semua pencatatan sudah sesuai dengan Accounting. Ini artinya finance berhak memegang uang perusahaan, termasuk menerima dan mengeluarkan uang baik itu pada kas, bank, deposit ataupun investasi.

baca juga : Ini Dia Keunggulan Fresh Graduate di Mata Perusahaan

Jadi bagaimana? Apakah sudah paham mengenai perbedaan kedua divisi tersebut. Meskipun jaman sekarang ini masih ada perusahaan yang menggabungkan kedua divisi tersebut, tapi bukan berarti tugas dari kedua divisi tersebut sama. Maka dari itu sebelum melamar ke perusahaan untuk posisi tersebut, pastikan dulu job description dari lowongan tersebut sudah cocok belum dengan posisi yang di tawarkan. Anda dapat mencari lowongan pekerjaan Accounting tersebut dari kitakerja.com. Kitakerja.com dapat membantu anda mencari lowongan kerja sesuai dengan posisi dan divisi yang anda inginkan, tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan job description dari lowongan tersebut sebelum melamar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here