Tips untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan

0
55
Tips untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan

Tips untuk Menghadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan – Setiap orang pasti memiliki rekan kerja yang sifatnya berbeda-beda. Ada saja yang selalu mandiri bisa melakukan suatu hal secara sendiri dan cepat, bahkan ada juga yang lambat. Tapi tidak juga jauh dari yang selalu mengandalkan orang lain. Menemukan rekan kerja seperti sebenarnya tidak begitu menyenangkan. Sebab hal ini bisa membuatmu emosi dan juga tidak bisa fokus mengerjakan pekerjaan.

baca juga : 5 Dampak Buruk Karyawan yang Workaholic

Berikut ini tips untuk menghadapi rekan kerja yang selalu mengandalkan :

Jangan emosi

Marah karena rekan kerja yang selalu mengandalkan ini bisa saja terjadi, tapi jangan langsung emosi. Perasaan ini bisa membuatmu tidak mood untuk mengerjakan pekerjaan. Bahkan karena emosi ini bisa membuat mu canggung dan tidak nyaman.

Membagi tugas secara adil

Bila merasa tidak nyaman karena terus di andalkan, cobalah untuk membagi tugas secara adil. Bagilah tugas sesuai kemampuan masing-masing, dengan begitu masing-masing akan mengerjakan pekerjaannya sendiri dan tidak saling mengandalkan.

Mengutarakan Perasaanmu

Kamu memiliki hak untuk berbicara, maka dari itu cobalah utarakan perasaanmu kepada rekan kerjamu secara sopan. Cobalah untuk mengatakan apa yang ada dalam unek-unek mu selama ini karena sering diandalkan. Tapi ingat jangan terpancing emosi, lakukan secara tenang dan sopan.

Meminta bantuan orang lain

Bila merasa tidak kuat karena terus diandalkan, cobalah untuk meminta bantuan orang lain. Pada dasarnya hal ini tidaklah mudah, justru bisa menyebabkan konflik. Cobalah untuk meminta orang lain memberikan nasihat agar rekan kerja tersebut bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Mengawasi caranya bekerja

Rekan kerja yang selalu mengandalkan orang biasanya memiliki trust issue terhadap dirinya sendiri. Bisa saja ia merasa tidak bisa mengerjakan pekerjaan itu dengan baik. Tentunya anda sebagai rekan kerja yang satu bagian dengan dia, cobalah untuk memantau pekerjaannya dan membimbingnya. Hal ini agar dia bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tidak mengandalkan orang lain lagi.

baca juga : Alasan Mengapa Kamu Harus Tetap Bersyukur di Tempat Kerja Meskipun Gaji Terasa Kecil

Nah itu dia tips untuk menghadapi rekan kerja yang selalu mengandalkan orang lain. Jadi jangan langsung terpancing emosi dulu, harus berpikir positif dan bersikap tegas dalam menyelesaikan permasalahan.