Bangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja yang Lebih Tua

0
338
Bangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja yang Lebih Tua

Bangun Hubungan Baik Dengan Rekan Kerja yang Lebih Tua – Dalam dunia kerja, pasti tentu saja ada rekan kerja yang pastinya lebih tua. Tidak hanya selalu diisi oleh para generasi milenial ataupun Gen Z. Perbedaan usia pada rekan kerja yang tua ini tentu saja sedikit membuat anda merasa bahwa mereka ini memiliki cara pemikiran y ang berbeda.

baca juga : Tips Buat Anda Menghadapi Rekan Kerja yang Bossy, Sabar!

Bahkan perbedaan ini menimbulkan konflik dalam lingkungan kerja. Maka dari itu anda sebagai karyawan harus dapat berhubungan baik dengan rekan kerja yang lebih tua. Dengan hubungan yang baik ini maka anda bisa saja mendapatkan informasi seputar karier yang lebih efektif.

Berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja yang lebih tua

Menghormati mereka sebagai senior

Terkadang memang ada rasa segan ketika ingin berteman dengan orang yang lebih tua dari anda. Tapi untuk mengatasi hal ini, tentu saja anda cukup menganggapnya sebagai senior saja.

Coba ubah pandangan anda kepada mereka, hal ini akan membuat anda lebih mudah untuk menjadi diri sendiri. Kemudian anda juga bisa bertanya seperti hobi, atau bagaimana mereka bisa menaiki posisi ini.

Mendengarkan Mereka

Cara lainnya adalah dengan mendengarkan mereka ketika berbicara. Hal tersebut berguna untuk membangun hubungan pertemanan dengan mereka. Setiap kali berbicara dengan mereka, cobalah mengingat topik apa, ketertarikan apa yang dimiliki oleh rekan kerja tersebut.

Sehingga ketika beberapa hal penting lainnya, anda bisa menunjukkan kepedulian anda terhadap mereka. Tidak hanya itu saja, hal tersebut juga menjadi tanda bahwa anda ini memang tulus untuk menjalin pertemanan.

Berpikir Lebih Terbuka

Salah satu hal penting lainnya adalah coba untuk memiliki pikiran lebih terbuka. Maksudnya fokus saja pada aspek positifnya. Seperti poin sebelumnya, inilah gunanya untuk mendengarkan mereka bicara. Anda jadi bisa mengetahui nilai apa yang dipegang oleh rekan kerja tersebut.

Jadi ketika ia berbicara mengenai nilai yang mungkin anda kurang setuju, anda bisa saja memaklumi nya sebab itu memang nilai yang ia pegang. Bahkan anda bisa saja mendapatkan hal-hal baru ketika sedang berbicara dengan mereka.

Coba Mencari Minat yang Serupa

Anda juga bisa mencari minat yang mungkin serupa dengan rekan kerja yang lebih tua tersebut. Pertemanan dengan rekan kerja biasanya bisa muncul karena memiliki minat yang sama. Coba tanyakan seputar hobi atau kegiatan yang mereka lakukan.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua orang akan bersikap terbuka dengan anda. Jadi anda tidak perlu khawatir, sebab anda masih bisa membangun pertemanan dengan mereka melalui jalur profesional. Jadi jangan terlalu memaksakan mereka untuk menjawab.

Itu dia tips buat anda yang ingin berteman dengan rekan kerja yang lebih tua. Intinya coba saling memahami dulu agar bisa membangun hubungan pertemanan yang baik di tempat kerja. Tentu saja hal ini membuat anda bisa bekerja lebih betah di kantor.