Begini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi Corona

0
216
Begini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi Corona
(Freepik)

Begini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi Corona – Seperti yang kita ketahui, saat ini ekonomi tengah terpuruk akibat pandemic Corona atau COVID-19. Tak sedikit bisnis yang harus tutup karena terus merugi. Bahkan ribuan orang terpaksa harus kehilangan pekerjaan karena dampak virus Corona.

Nah, bila anda salah satu dari orang yang kehilangan pekerjaan, jangan khawatir karena hal ini bukanlah akhir dari segalanya.

Baca juga:


Begini Tips Mencari Kerja di Tengah Pandemi Corona

Susun Resume dan Jadwal Mencari Kerja

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah menetapkan waktu untuk mencari kerja. Sebisa mungkin usahakan agar tetap termotivasi agar anda tetap berada di jalur yang tepat. Jangan lupa juga untuk memperbarui resume anda. Meski proses mencari kerja terbilang panjang, intinya adalah jangan menyerah.

Perluas Koneksi

Memiliki koneksi yang luas bukan berarti kamu bisa terus meminta pekerjaan kepada orang lain. Namun hal tersebut memungkinkan kamu mendapatkan berbagai peluang baru. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk mencoba memperluas pertemanan kamu.

Jangan lupa untuk selalu mengucapkan terima kasih supaya terciptanya hubungan tulus yang merupakan fondasi dari koneksi jaringan yang kuat.

Cari perusahaan dengan peluang terbaik

Di saat seperti ini, banyak perusahaan yang mengurangi karyawan dan mulai beradaptasi terhadap COVID-19. Perusahaan-perusahaan seperti itu kecil kemungkinan menerima karyawan baru.

Mungkin kamu bisa mencoba melamar kerja ke perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur atau perawatan kesehatan yang tentunya sedang mencari karyawan baru akibat melonjaknya permintaan karena COVID-19.

Upgrade diri secara online

Sambil berusaha mencari pekerjaan, tak ada salahnya untuk mencoba mengupgrade diri dengan mengikuti berabgai kelas atau kurus online. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan keahlian dan kualifikasi diri.

Menjadi freelancer sementara

Sebelum mendapatkan kerjaan tetap, kamu juga bisa mencoba mengambil pekerjaan lepas atau freelancer. Setidaknya dengan begitu kamu dapat bertahan dalam beberapa bulan ke depan.

Itulah tips mencari kerja di tengah pandemi Corona. Semoga bermanfaat!