Tips untuk Para Pencari Kerja Disaat Pendemi Seperti Ini

0
88
Tips untuk Para Pencari Kerja Disaat Pendemi Seperti Ini

Tips untuk Para Pencari Kerja Disaat Pendemi Seperti Ini – Para fresh graduate tahun 2020 ini harus menghadapi tantangan tersendiri saat mencari kerja. Ditengah pandemi seperti ini, kondisi pasar kerja menjadi berubah. Saat roda ekonomi melambat, banyak perusahaan yang merumahkan karyawannya. Walaupun dalam keadaan sulit seperti ini, anda harus tetap optimis untuk mendapatkan pekerjaan.

Berikut ini Tips untuk Para Pencari Kerja Disaat Pandemi Seperti Ini

Latihan untuk Wawancara Kerja Online

Saat ini karena banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan kerja dari rumah. Hal tersebut mengubah proses perekrutan karyawan. Biasanya perusahaan meminta kandidat mendatangi kantor untuk melakukan wawancara kerja, tapi kini sudah dilakukan dengan interview online.

Maka dari itu, para fresh graduate berlatih wawancara secara online, baik itu melalui telepon ataupun video call. Bila anda menghadapi wawancara via telepon, maka persiapkan diri anda memilih ruangan yang tepat untuk menerima panggilan, dan pastikan menjaga tekanan suara saat berbicara. Sementara bila anda mengikuti wawancara video call, usahakan menunjukkan posisi tubuh yang tegak namun nyaman.

Mengasah keterampilan

Dalam masa menunggu panggilan kerja, asahlah keterampilan yang anda punya sehingga dapat memperkaya daftar keahlian di CV. Untuk menambah keahlian baru dimasa pandemi seperti ini, anda dapat mengikuti kelas online yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan. Bila tidak ada dana, anda dapat belajar dari training ataupun tutorial gratis dari Youtube ataupun sumber pembelajaran lainnya.

Mengoptimalkan media sosial

Bila semua orang berada di rumah secara pandemi, maka salah satu cara untuk menunjukkan diri di depan publik yaitu dari dunia maya. Buatlah akun sosial media LinkedIn, lalu pelajari cara orang menampilkan dirinya di dunia maya. Mulai dari foto terbaru yang tampak profesional, hingga menulis deskripsi diri yang menarik perhatian perekrut.

Mencari pengalaman kerja sendiri

Salah satu kekurangan dari para fresh graduate adalah minim pengalaman. Tetapi, anda bisa mengatasinya dengan mencari pengalaman kerja sendiri. Salah satu caranya dengan mencoba untuk membuka usaha atau menjadi sukarelawan dari berbagai kegiatan di dunia maya. Pengalaman membangun bisnis ini sangat berguna untuk pengembangan diri anda di masa mendatang.

Anda sebagai pencari kerja dimasa pandemi ini harus tetap optimis. Masih banyak perusahaan yang bergerak dan membuka lowongan. Ayo cari pekerjaan yang cocok untuk anda di jovadb.com