Berikut Etika Profesi Keperawatan yang Harus Kamu Ketahui

0
327
Berikut Etika Profesi Keperawatan yang Harus Kamu Ketahui

Berikut Etika Profesi Keperawatan yang Harus Kamu Ketahui – Buat kamu yang berencana untuk berkarir sebagai perawat atau memasuki sekolah keperawatan, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya ada etika dalam profesi keperawatan.

Sebagai profesi yang bertanggung jawab atas kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan pasien, keperawatan memiliki kode etik dan standar praktik yang ketat untuk memastikan bahwa praktek keperawatan yang dilakukan adalah profesional, aman, dan bermartabat.

Baca Juga : Definisi Compassion Fatigue dan Cara Mengatasinya

Berikut Etika Profesi Keperawatan yang Harus Kamu Ketahui

Berikut adalah beberapa etika profesi keperawatan yang harus ditaati oleh perawat:

Kepatuhan pada kode etik keperawatan

Perawat diharapkan untuk memahami dan mengikuti standar etik dan kode etik keperawatan. Salah satu contoh kode etik keperawatan adalah Code of Ethics for Nurses yang dikeluarkan oleh American Nurses Association.

Kerahasiaan pasien

Perawat diharuskan untuk menjaga kerahasiaan pasien dan menjaga privasi pasien. Mereka tidak boleh membocorkan informasi pasien tanpa persetujuan pasien atau keluarga pasien.

Pelayanan yang aman dan bermartabat

Perawat diharuskan untuk memberikan pelayanan yang aman dan bermartabat kepada pasien. Ini berarti memastikan bahwa pasien diperlakukan dengan hormat, penghormatan, dan tidak diskriminatif.

Komunikasi yang efektif

Perawat harus berkomunikasi dengan pasien, keluarga pasien, dan anggota tim medis secara efektif. Ini termasuk memastikan bahwa informasi disampaikan dengan jelas dan mudah dimengerti.

Standar perawatan yang tinggi

Perawat harus memastikan bahwa mereka memberikan perawatan yang sesuai dengan standar perawatan yang tinggi. Ini termasuk menjaga kebersihan pasien, memastikan bahwa pasien diberikan obat yang benar, dan memastikan bahwa prosedur medis dilakukan dengan aman.

Pelaporan dan dokumentasi yang akurat

Perawat diharuskan untuk melaporkan setiap perubahan dalam kondisi pasien dan dokumentasi kegiatan perawatan yang dilakukan dengan akurat.

Memperbarui pengetahuan dan keterampilan

Perawat diharuskan untuk terus memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka agar selalu up-to-date dengan kemajuan medis dan perawatan.

Tidak terlibat dalam praktik ilegal atau tidak etis

Perawat tidak boleh terlibat dalam praktik ilegal atau tidak etis seperti mencuri obat dari fasilitas kesehatan atau menerima suap dari pasien.

Menerapkan standar keselamatan

Perawat harus mengikuti standar keselamatan saat merawat pasien, termasuk memastikan bahwa peralatan medis steril, menjaga kebersihan tangan dan memastikan lingkungan yang bersih.

Itulah beberapa etika profesi keperawatan yang harus ditaati oleh perawat dalam melaksanakan tugasnya. Kepatuhan terhadap etika profesi sangat penting untuk menjaga kualitas perawatan pasien dan kepercayaan publik terhadap profesi keperawatan.