Hal-hal yang Harus Dilakukan Untuk Memperbaiki Kinerja Buruk

0
34
Hal-hal yang Harus Dilakukan Untuk Memperbaiki Kinerja Buruk

Hal-hal yang Harus Dilakukan Untuk Memperbaiki Kinerja Buruk – Seperti yang kita ketahui, tahun 2021 sebentar lagi akan berakhir. Untuk anda yang merupakan karyawan, hal ini berarti review kinerja juga akan tiba. Review kinerja biasanya menilai kinerja anda selama setahun yang akan langsung diberitahu oleh atasan kepada anda.

Jika anda merupakan karyawan kontrak, lanjut atau tidaknya anda bergantung pada hasil review kinerja tersebut. Karyawan tetap juga akan mendapatkan review kinerja yang memutuskan apakah gaji anda akan naik atau  tidak.

Tak hanya memutuskan soal gaji dan perpanjangan kontrak, review kinerja bahkan bisa menentukan apakah anda dipecat atau tidak jika memiliki review kinerja yang buruk. Lantas apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki review kinerja yang buruk? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca juga : Tanda-Tanda Bahwa Kamu Sudah Tidak Bahagia di Kantor

Hal-hal yang Harus Dilakukan Untuk Memperbaiki Kinerja Buruk

Sorot balik kinerja anda

Kinerja anda selama setahun terakhir ini tentu masih membekas di ingatan. Anda dapat mencoba untuk menyorot kembali kinerja anda bila merasa penilaian dari atasan tidak tepat atau kurang maksimal.

Jangan lupa untuk mencatatnya agar tidak lupa. Bila setelah ditelusuri anda masih tidak menemukan kekurangan ataupun kesalahan anda, tak ada salahnya untuk mencoba bertanya kepada atasan namun dengan cara yang sopan.

Dengan begitu, anda dapat mengetahui letak kesalahan anda dan dapat memperbaikinya di waktu mendatang.

Diskusikan penilaian dari atasan

Jika anda merasa kinerja selama satu tahun sudah maksimal, anda memiliki hak untuk tidak setuju terhadap penilaian dari atasan. Ajaklah atasan untuk berdiskusi terhadap penilaian tersebut dengan sopan.

Jika memungkinkan, persiapkan juga sejumlah bukti untuk memperkuat klaim anda. Hal ini sangat berguna agar atasan bisa lebih percaya dan tidak menganggap anda hanya membela diri.

Perbaiki diri sendiri

Setiap orang pasti pernah melakukan yang namanya kesalahan di dunia kerja. Hal ini memang wajar, namun anda tidak boleh menghiraukannya. Cobalah untuk perbaiki kesalahan anda dan diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi.

Anda bisa mulai dari hal-hal kecil dahulu seperti tidak menunda pekerjaan. Perbaikan kecil di masa sekarang dapat berdampak cukup besar di masa mendatang.

Minta saran dari atasan

Bila anda merasa kebingungan untuk memperbaiki diri, cobalah untuk meminta saran kepada atasan. Anda bisa bertanya hal apa yang harus dikembangkan atau ditumbuhkan dalam diri dan sebagainya.

Segala saran yang sudah anda kumpulkan dan diterapkan dapat membuat anda menjadi karyawan yang lebih baik dan berkembang.

Buat target untuk tahun depan

Setelah selesai introspeksi diri, anda bisa mencoba untuk membuat target tahun berikutnya. List target ini bisa membuat anda jadi lebih terencana dan menjadi pedoman baru untuk tahun mendatang.