Jangan Frustasi Ketika Anda Terkena PHK, Ayo Semangat!

0
330
Jangan Frustasi Ketika Anda Terkena PHK

Jangan Frustasi Ketika Anda Terkena PHK, Ayo Semangat! – Akhir-akhir ini banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK pada karyawan-karyawan. Hal ini cukup sedih sebab para karyawan ini akhirnya menjadi jobless dan tidak memiliki sumber penghasilan. Biasanya hal ini terjadi karena adanya masalah internal perusahaan sehingga diharuskan untuk melakukan PHK.

baca juga : Tips Buat Anda yang Bingung Mau Ngapain Setelah Terkena PHK

Sebagai korban PHK, tentu saja beberapa dari anda ada yang bingung untuk mau lanjut kemana. Bahkan ada yang sangat stress dan berhari-hari tidak keluar dari kamar karena terjadinya PHK ini. Jangan perlu khawatir dan stress, ayo coba bangkit dan kumpulkan semangat lagi untuk mencari kerja.

Berikut ini langkah-langkah agar anda bisa tetap maju dan melangkah untuk mencari kerjaan baru

Buang Semua Rasa Sedihmu

Cobalah untuk ekspresikan rasa sedihmu saat ini. Memang dampak PHK ini sangat menyedihkan, mengingat anda tidak memiliki penghasilan primer lagi. Tapi anda jangan terlalu lama berada pada kesedihan ini, cobalah untuk bangkit kembali.

Buang rasa stress anda secara cepat sehingga anda memiliki keinginan untuk bangkit lagi. Buang rasa stress anda sampai rasa lega muncul.

Mulai Mengupdate Resume atau CV

Bila sudah merasa bangkit kembali, coba untuk mulai mengupdate resume atau CV anda. Tuliskan pengalaman kerja terakhir anda sehingga para recruiter tertarik. Jabarkanlah tugas serta tanggung jawab anda pada pekerjaan lama, serta prestasi apa saja yang telah anda peroleh dari pekerjaan terakhir.

Memulai Sosial Media LinkedIn

LinkedIn telah menjadi salah satu sosial media yang sangat populer dalam kalangan dunia kerja karena berisi para CEO, recruiter, HRD serta orang-orang penting dalam perusahaan. Cobalah untuk membuat account bila anda belum ada dan bila sudah ada lakukan update profile serta mencari informasi lowongan kerja di sana juga.

Anda bisa juga mengirimkan koneksi kepada orang-orang profesional yang ada di linked in dan jangan lupa untuk menyapa dan mengirim pesan kepada mereka. Dengan ini maka anda akan memiliki koneksi yang lebih luas dan bisa mendapatkan offer pekerjaan.

Memilih Perusahaan yang Tidak Rawan PHK

Cobalah untuk mencari perusahaan yang tidak rawan PHK. Hal ini bisa anda lihat dari media sosial seperti Twitter, ataupun portal berita di google. Selain itu ditwitter juga anda bisa baca akun-akun base yang dapat menjadi sumber informasi anda.

Hal ini berguna agar kejadian masa lalu tidak terulang lagi. Serta anda juga bisa lebih selektif dalam melamar pekerjaan. Pada intinya cobalah untuk mencari pekerjaan yang memang terlihat lebih aman dalam urusan PHK.

Nah itu dia langkah-langkah yang dapat anda lakukan bila baru saja terkena PHK. Jangan patah semangat dan teruslah untuk mencari pekerjaan sebab hidup akan jalan terus dan anda tidak boleh tertinggal. Cobalah memulai untuk mencari pekerjaan di sosial media seperti linkedin atau di portal website cari lowongan kerja seperti di kitakerja.com yang memiliki ratusan lowongan pekerjaan yang tersedia.