Kesalahan Komunikasi Dalam Tempat Kerja Bisa Menghancurkan Karier Anda

0
329
Kesalahan Komunikasi Dalam Tempat Kerja Bisa Menghancurkan Karier Anda

Kesalahan Komunikasi Dalam Tempat Kerja Bisa Menghancurkan Karier Anda – Dalam tempat kerja tentu saja komunikasi sudah menjadi hal yang wajib dan tidak bisa dihindari. Komunikasi sudah menjadi kunci sukses dalam sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya. Maka dari itu setiap karyawan pasti harus dapat menjaga komunikasi yang baik antar karyawan lain ataupun dengan atasan.

baca juga : Berikut Tips Menjadi HRD yang Baik di Mata Karyawan

Namun terkadang ada karyawan yang ceplas ceplos dan tidak bisa menjaga komunikasi yang baik. Sehingga bisa menghancurkan karier karyawan tersebut sendiri. Maka dari itu kita sebagai karyawan harus tetap menjaga komunikasi yang baik.

Berikut ini kesalahan komunikasi dalam tempat kerja yang dapat mengancam karier anda :

Minta Maaf yang Berlebihan

Meminta maaf memang harus dilakukan bila merasa melakukan kesalahan. Tapi anda tidak perlu selalu meminta maaf. Meminta maaf secara berlebihan bisa membuat orang lain merasa bahwa minta maaf anda itu tidak tulus.

Jadi anda perlu melakukan minta maaf dengan mengungkapkan kesalahan serta penyesalan yang dilakukan. Jangan lupa untuk berjanji tidak mengulanginya lagi.

Penyampaian Pesan yang Tidak Jelas

Jangan pernah berasumsi bahwa setiap karyawan yang ada dalam tempat kerja ini memiliki pemikiran yang sama dengan anda. Sebab pada dasarnya pemikiran setiap orang pasti berbeda-beda. Bila anda merasa semua orang memiliki pemikiran yang sama, maka bisa menimbulkan konsekuensi yang tidak diinginkan.

Misalnya ketika anda memberikan tugas pada rekan kerja, pastinya anda memberi tahu tujuan dari tugas tersebut dengan jelas. Begitu juga dengan anda sebagai penerima tugas atau pesan. Ketika mendapatkan tugas ataupun pesan, coba pastikan kembali pernyataan tersebut agar memastikan bahwa apa yang anda pahami itu benar sesuai dengan isi pesan tersebut.

Komunikasi Hanya Sebatas Email dan Chatting

Di zaman sekarang ini memang kebanyakan komunikasi sudah menggunakan email dan juga chatting. Tentu saja hal ini lebih mudah dan dapat diandalkan, tapi terkadang hal ini juga bisa menjadi ancaman. Apalagi terkadang hal yang dibahas cukup sensitif.

Meskipun anda sudah menambahkan berbagai emoji, itu bukan berarti pesan tersebut menjadi lebih lunak. Terkadang isi dari email atau chatting itu bisa disalah artikan sehingga membuat komunikasi menjadi rusak. Apalagi terkadang ada pengirim yang memasukkan humor sarkas.

No Hello

Mohon dalam berkomunikasi, jangan hanya sekedar menyapa saja kemudian menghilang. Misalkan saja bila anda sedang tidak bisa berkomunikasi secara langsung dengan rekan kerja tersebut, anda hanya bisa mengandalkan chatting. Cobalah untuk tidak menyapa saja, tapi coba untuk menyapa sekaligus menulis isi pesan.

Terkadang ada saja rekan kerja yang hanya menyapa, namun tidak menuliskan isinya. Komunikasi yang lebih baik adalah, setelah menyapa, langsung tulis pertanyaan apa yang ingin ditanyakan. Jangan hanya menyapa dan kemudian tunggu penerima pesan membalas baru anda menjelaskan maksud sapaan tersebut. Dengan menyapa sekaligus memberikan isi pesan, maka akan lebih menghemat waktu serta efisien. Komunikasi yang terjalin pun lebih baik dan tidak ter ghosting.

Nah itu dia hal yang perlu anda hindari agar karier anda tetap terjaga baik. Komunikasi antar tim memang harus dijaga sebaik mungkin agar tidak ada kesalahpahaman.