Berikut Tips Menjadi HRD yang Baik di Mata Karyawan

0
161
Berikut Tips Menjadi HRD yang Baik di Mata Karyawan

Berikut Tips Menjadi HRD yang Baik di Mata Karyawan – HRD (Human Resource Development) menjadi salah satu departemen yang harus ada di setiap perusahaan. Seperti yang semua orang tahu, dalam dunia HRD kebanyakan para manager HRD tak selalu bekerja secara profesional.

Maksudnya disinia adalah dalam hal manajemen sumber daya manusia untuk kepentingan perusahaan. Tugas HRD seharusnya adalah memastikan dan mengatur agar hubungan antar karyawan dan perusahaan berjalan baik.

Baca juga:


Berikut Tips Menjadi HRD yang Baik di Mata Karyawan

Namun terkadang HRD malah lebih fokus pada pembatasan risiko perusahaan namun melupakan tugas utamanya yang berhubungan dengan karyawan.

Lantas bagaimana sih menjadi HRD yang baik di mata karyawan? Yuk simak langsung tipsnya berikut ini:

Terlihat berwibawa

Salah satu hal penting bagi seorang HRD terutama manager HRD adalah harus terlihat berwibawa di mata karyawannya. Untuk itu, penampilan harus selalu diperhatikan. Pastikan untuk selalu berpakaian rapi agar semakin terlihat berwibawa.

Jalin Komunikasi

Seorang HRD yang baik haruslah membiasakan diri untuk berkomunikasi terbuka dengan karyawannya. Penting untuk HRD mengetahui kebutuhan dan kepentingan karyawan serta hal yang harus dilakukan manager guna meningkatkan efektivitas kerja.

Lebih Sering Mendengarkan

Mereka yang mau mendengarkan adalah orang yang tepat untuk menjadi HRD. Sayangnya belum banyak yang melakukan hal tersebut. Dengan lebih banyak diam dan mendengarkan, kamu bisa mengetahui dan mengatasi masalah-masalah karyawan dengan lebih mudah dan efektif.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Tak semua orang bisa berkomunikasi dengan lancer. Terkadang ada yang lebih memilih berkomunikasi dengan bahasa tubuh dan ekspresi wajah dibanding kata-kata. Oleh karena itu, cobalah untuk perhatikan bahasa tubuh atau tanda non verbal dari karyawan kamu.

Jadilah Pemimpin Bukan Teman

Kebanyakan HRD lebih memilih untuk menjadi teman sekaligus pemimpin dari karyawannya. Pada dasarnya seorang HRD haruslah memiliki inovasi, akal sehat, dan rasa kemanusiaan. Cobalah untuk menjadi pemimpin bagi karyawan kamu dalam bersosialisasi.

Itulah tips menjadi HRD yang baik di mata karyawan. Semoga bermanfaat!