Multitasking Tidak Efisien untuk Dunia Kerja

0
409
Multitasking Tidak Efisien untuk Dunia Kerja

Multitasking Tidak Efisien untuk Dunia Kerja – Multitasking merupakan proses dimana seseorang mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu waktu. Memang hal ini terdengar cukup keren dan sangat bagus, memiliki banyak sisi positif seperti salah satunya pekerjaan akan lebih cepat selesai. Namun sadarkah anda bahwa multitasking seperti ini tidak efisien dalam dunia kerja.

baca juga : Ternyata Multitasking Berbahaya Loh Buat Kesehatan!

Meskipun banyak sisi positif dari multitasking dan terlihat keren, namun dalam dunia kerja sangat tidak disarankan untuk melakukan hal tersebut.

Berikut ini alasan mengapa multitasking tidak efisien untuk dunia kerja :

Suka Hilang Fokus

Multitasking tentunya membuat kita harus membagi perhatian dalam satu waktu. Tentunya hal tersebut akan membuat kita menjadi tidak fokus dalam mengerjakan sebuah pekerjaan secara detail. Akibat dari hal tersebut adalah banyak kesalahan dalam tugas yang sedang dikerjakan.

Produktivitas Menurun

Dalam dunia kerja pasti kita akan sering bersaing terutama dalam lingkungan kerja. Maka dari itu orang-orang akan berlomba untuk mengerjakan tugas dengan cepat agar bisa mendapatkan penilaian yang baik. Namun pekerjaan bisa menjadi tidak efisien bila dikerjakan dalam waktu bersamaan. Salah satunya penurunan kualitas hasil pekerjaan yang dikerjakan.

Stress Semakin Meningkat

Orang yang sering multitasking biasanya akan lebih sering merasakan stress. Hal ini karena melihat daftar tugas yang tidak berkuran karena mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang sama.

Meskipun tidak bisa dirasakan secara langsung, namun tingkat stress ketika multitasking akan selalu meningkat setiap pekan. Sisi negatif dari stress ini adalah akan mengalami burn out.

Daya Ingat Menurun

Dalam multitasking pasti otak akan bekerja lebih aktif karena banyak mengerjakan pekerjaan sekaligus. Hal ini menyebabkan stimulasi berlebihan sehingga sulit memproses informasi secara detail.

Alhasil otak akan mengalami penurunan daya ingat. Pada dasarnya daya ingat menurun dikarenakan usia, lingkungan serta kesehatan. Dengan multitasking, maka faktor tersebut juga akan bertambah yang alhasil membuat daya ingat anda menurun.

Itu dia alasan mengapa multitasking itu tidak efisien untuk dunia kerja. Selain hasil pekerjaan yang buruk, kesehatan kita juga bisa menurun. Jadi tetaplah bekerja pada satu tujuan dulu dan berikan hasil maksimal!