Peran Pemimpin Perempuan di Dunia Kerja Teknologi

0
313
Peran Pemimpin Perempuan di Dunia Kerja Teknologi

Peran Pemimpin Perempuan di Dunia Kerja Teknologi – Riset dari Linkedin Jobs on the Rise pada tahun 2022 menunjukkan bahwa Machine Learning Engineers dan Data Scientist Specialist merupakan pekerjaan yang memiliki pertumbuhan paling cepat dalam lima tahun terakhir di Indonesia. Hal tersebut juga akan semakin bertumbuh di masa depan.

Sayangnya, data tersebut juga menunjukkan bahwa rendahnya partisipasi perempuan di kedua bidang pekerjaan tersebut.

Baca Juga : 5 Soft Skill yang Wajib Dipelajari Fresh Graduate

Peran Pemimpin Perempuan di Dunia Kerja Teknologi

Sepanjang 2021, hanya 33,3% perempuan yang diterima bekerja sebagai Data Scientist Specialist dan 27,8% sebagai Machine Learning Engineers.

Amazon Web Services sebagai perusahaan global memiliki misi untuk mengurangi kesetaraan gender di dunia kerja teknologi. Mereka menginisiasi AWS Girls’ Tech Day dengan memberikan edukasi STEAM (science, technology, engineering, arts, dan mathematics) kepada anak perempuan dan perempuan muda.

Acara tersebut juga hadir di Indonesia pada November 2022 lalu yang bekerjasama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI). Program tersebut mengedukasi dan menginspirasi 250 pelajar perempuan dari lima SMA/SMK di Jawa Barat untuk bermimpi dan membangun minat untuk bekerja di dunia teknologi.

AWS Girls’ Tech Day sendiri telah berlangsung sejak tahun 2018 dan telah berdampak pada 7.000 anak perempuan dari usia 8-24 tahun dari 12 negara di seluruh dunia.

Tak hanya itu, dengan hadirnya program ini di Indonesia juga sekaligus membantu menyediakan akses dan kesempatan bagi anak perempuan Indonesia yang kesulitan dalam mengakses ilmu di bidang tersebut.