Risiko Bila Selalu Perfeksionis Dalam Segala Hal

0
361
Risiko Bila Selalu Perfeksionis Dalam Segala Hal

Risiko Bila Selalu Perfeksionis Dalam Segala Hal – Perfeksionis merupakan kesempurnaan dalam mengerjakan segala hal. Sebenarnya hal ini bisa tergolong positif dan juga baik. Namun dalam hidup ini terkadang tidak semuanya berjalan sesuai rencana dan tidak selalu sempurna.

baca juga : Tanda Bahwa Atasan Tidak Menyukai Anda

Kita harus dapat mengendalikan diri dalam sifat perfeksionis ini. Jangan sampai karena terlalu perfeksionis dan berakhir mengharapkan semuanya sesuai rencana. Alhasil adanya timbul kecewa dan merasa kesal, bahkan bisa sering overthinking. Maka dari itu sifat dari perfeksionis ini harus dihindari.

Berikut ini Risiko bila terlalu perfeksionis

Mudah Tertekan

Mudah merasa tertekan telah menjadi salah satu hal yang harus anda hadapi bila selalu perfeksionis. Anda akan merasa tertekan bila pekerjaan anda tidak sesuai dengan rencana ataupun yang telah dijanjikan. Padahal sebenarnya tidak ada yang menekan anda untuk sesuai dengan rencana yang disepakati, mungkin hasil akhir sama tapi apa yang dijalankan berbeda membuatmu merasa tertekan. Hal ini tentu saja akan membuat anda tertekan dan memaksa diri untuk memberikan hasil yang lebih sempurna.

Susah Untuk Rileks

Menjalani hidup dengan tekanan tentu saja sangat tidak menyenangkan. Tekanan ini merupakan tuntutan untuk selalu sempurna dalam segala hal yang dikerjakan. Bila tidak sesuai, maka anda akan sangat tertekan dan sulit untuk riles. Pikiran anda akan merasa sangat berat dan hati juga tidak enakan. Anda akan sulit untuk rileks sebab selalu memikirkan pekerjaan yang kurang sempurna dan alhasil orang yang perfeksionis biasanya jarang mau bersantai-santai, malah selalu berpikir untuk waktunya digunakan bekerja dan menghasilkan karya yang sempurna.

Merasa Kebahagiaan Tidak Kunjung Datang

Mengharapkan sebuah kesempurnaan tentu membuat anda tidak puas dan merasa tidak pernah berhasil dalam apapun. Kemudian rasa perfeksionis yang tinggi ini juga membuat anda memiliki rasa malas di hati sebab tidak ingin mengapresiasi hal kecil yang telah anda raih. Ini membuat tidak merasa kebahagiaan. Terlalu fokus dan mengharapkan hasil yang besar tentu saja membuat kita lupa untuk bersyukur terhadap hal yang kecil. Padahal hal kecil itulah yang dapat membuat kita sadar bahwa proses kita mencapai sebuah hasil tersebut.

Lelah Dengan Hidup

Akibat dari terlalu perfeksionis membuat kita merasa lelah dalam diri kita sendiri. Seolah-olah kita sudah menguras semua energi dan waktu, tapi apa yang kita kerjakan sia-sia sebab tidak sesuai dengan rencana atau tidak sempurna. Sementara sesungguhnya yang kita lakukan ini sudah sangat keras serta sudah melebihi kapasitas kemampuan kita sendiri. Maka dari itu jangan mengharapkan kesempurnaan yang sebenarnya tidak akan ada habisnya.

Itu dia risiko bila anda terlalu perfeksionis. Mengusahakan yang terbaik memang boleh, tapi jangan sampai terlalu berlebihan. Kita harus paham bahwa didunia ini tidak ada yang sempurna. Tetap semangat dalam mengerjakan pekerjaan dan memberikan hasil yang terbaik, tidak sempurna tidak masalah yang penting adanya hasil yang dapat kita ambil.