Tips Agar CV Kamu Lolos Applicant Tracking System dengan Mudah

0
51
Tips Agar CV Kamu Lolos Applicant Tracking System dengan Mudah

Tips Agar CV Kamu Lolos Applicant Tracking System dengan Mudah – Saat ini banyak perusahaan yang sudah menerapkan berbagai teknologi terbaru dalam perekrutan karyawan baru. Salah satunya adalah penggunaan Applicant Tracking System (ATS) untuk menyeleksi CV sebelum dilanjutkan pada tahap berikutnya.

Program ATS ini sendiri membantu proses rekrutmen sehingga menjadi lebih mudah dan cepat. Untuk lolos seleksi ATS, kamu harus membuat CV dengan tepat. Lantas bagaimana tips agar lolos ATS dengan mudah? Yuk simak langsung berikut ini!

Baca juga : Beberapa Hal ini Membuat Kerja Kerasmu Tidak Terkesan Sia-sia

Tips Agar CV Kamu Lolos Applicant Tracking System dengan Mudah

Kirim CV sesuai dengan posisi yang dilamar

Program ATS sendiri dirancang untuk menemukan CV yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Salah satu hal yang biasa dijadikan patokan adalah posisi pekerjaan yang dilamar. Program ini membaca dan menyesuaikan antara CV kamu dengan posisi dan deskripsi pekerjaan yang dibutuhkan.

Dengan membuat CV yang sesuai dengan posisi yang dilamar, kemungkinan lolos dari program ATS akan lebih besar. Pastikan untuk mencantumkan posisi dan deskripsi yang detail dan tepat.

Gunakan keyword yang tepat

Penggunaan keyword yang tepat juga sangat penting agar bisa lolos dari ATS. Namun jangan lupa untuk pastikan agar keyword yang kamu gunakan tetap manusiawi. Pada akhirnya, CV yang kamu buat tetap akan diseleksi oleh HRD.

Kamu bisa menyematkan keyword yang relatif dengan posisi yang kamu lamar. Kamu juga bisa menjelaskan pencapaian dan pengalaman kamu yang sesuai dengan posisi tersebut.

Gunakan desain yang simpel

Pemilihan desain pada CV juga tak kalah penting. Jangan sampai desain yang kamu pilih tidak bisa dibaca oleh program ATS. Perlu diketahui, program ATS akan mengalami kesulitan membaca jika CV menggunakan desain yang rumit.

Bisa-bisa program ATS malah keliru dalam membaca CV dan membuat CV kamu tidak lolos seleksi ATS.

Gunakan heading standar

Pada saat menulis CV, jangan sampai lupa menggunakan heading standar. Program ATS biasanya menggunakan heading sebagai navigasi. Tak hanya itu, program ATS juga melakukan pemindaian dalam format tertentu. Dengan menggunakan heading standar yang tepat, program ATS dapat mengenalinya dengan lebih mudah dan tepat.

Jangan mengelabui ATS

Tak sedikit orang yang mencoba menggunakan cara licik untuk mengelabui ATS. Perlu diingat, ATS dapat mendeteksi cara-cara curang tersebut dengan mudah. ATS bahkan dapat membuat kamu tidak lolos ke seleksi berikutnya jika mendapati kecurangan tersebut.