Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Ketika Bekerja

0
274
Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Ketika Bekerja

Tips Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Ketika Bekerja – Bekerja memang selalu tidak berjalan mulus, pasti ada aja masalah yang timbul. Baik itu masalah yang rumit atau pun yang mudah di atasi. Maka dari itu anda sebagai pekerja pun harus dapat menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental anda untuk dapat bekerja lebih maksimal.

baca juga : Sikap Toxic Rekan Kerja yang Sudah Tidak Bisa Ditoleransi

Bila anda tidak dapat menyeimbangkan hal tersebut maka anda akan mulai mengalami depresi ataupun stress. Demi kesehatan fisik dan mental, anda perlu menyeimbangkan ini, jangan sampai masalah yang terjadi ini dibawa beban

Berikut ini Tips Agar Anda Dapat Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

Tetap Fokus pada Niat Awal

Sebelum menjalankan sebuah pekerjaan, sebaiknya anda perlu mengetahui dan memahami dulu tugas dari pekerjaan itu, bila anda telah memahami semuanya, maka buatlah sebuah target. Misalnya mengerjakan sampai A, B atau C. Jangan terkecoh untuk langsung melakukan hal lainnya dulu, tetap fokus pada titik awal yang anda targetkan. Bila terjadi masalah, jangan terkecoh untuk melakukan yang lain dulu, hal ini dapat menghambat proses pekerjaan dan menjadi beban. Pada akhirnya anda pun jadi stress dan depresi. Jadi tetaplah fokus pada niat awal, dengan fokus serta niat yang kuat, maka anda pasti bisa menyelesaikan pekerjaan sebaik mungkin.

Jangan Membawa Pekerjaan Pulang Ke Rumah

Banyak sekali orang yang melakukan kesalahan sehingga harus membawa pekerjaan dari kantor ke rumah untuk dilanjutkan. Hal ini tentunya sangat tidak disarankan sebab dapat mengganggu momen istirahat anda. Anda harus tetap bisa membagi waktu, kapan waktu bekerja dan kapan waktu istirahat. Jangan sampai anda sangat fokus bekerja sehingga tidak memperhatikan waktu, sehingga waktu istirahat anda tidak ada. Hal ini dapat membuat anda stress karena pekerjaan yang terbilang overload.

Menentukan Prioritas Pekerjaan

Setiap pekerjaan tentu tidak datang satu saja, pasti nya bisa beranak cucu. Pertama datang dulu pekerjaan A, kemudian datang pekerjaan B dan pekerjaan C. Jangan langsung stress dan mengeluh, coba perhatikan dulu setiap pekerjaan, apakah ketiga pekerjaan ini bisa dilakukan terpisah? Bila bisa, coba perhatikan lagi mana yang deadlinenya paling cepat, bila semua sama juga, maka coba liat tingkat kesulitan mana diantara pekerjaan tersebut.

Bila ada pekerjaan yang deadlinenya butuh cepat, maka anda sebaiknya mengerjakan pekerjaan tersebut dulu, bila ada yang pekerjaan nya lebih mudah dan tidak ada deadline di pekerjaan lain, maka anda bisa mengerjakan yang mudah terlebih dahulu.

Hal ini tentu sangat mencicil pekerjaan dan membuat pekerjaan anda tidak menumpuk. Bila anda tumpuk-tumpuk terus pekerjaan ini maka akan menjadi masalah di kemudian hari. Pastinya tentukan dulu prioritas pekerjaan tersebut, coba analisis dan pahami deadline serta tingkat kesulitan dari pekerjaan tersebut.

Menyeimbangkan Gaya Hidup

Terkadang gaya hidup juga bisa menentukan tingkat stress dari seseorang, seperti halnya dalam bekerja. Menyeimbangkan gaya hidup dengan pekerjaan tentu cukup sulit dilakukan. Bila anda bisa menyeimbangkan hal tersebut, pastinya semua masalah dan tantangan dapat diselesaikan dengan lancar.

Nah itu dia tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental ketika bekerja. Jangan sampai anda menyepelekan hal ini karena dikemudian hari hal ini tentu bisa merusak kehidupan anda bila tidak anda seimbangkan.