Tips Untuk Fokus dan Tidak Terdistraksi di Tempat Kerja

0
225
Tips Untuk Fokus dan Tidak Terdistraksi di Tempat Kerja

Tips Untuk Fokus dan Tidak Terdistraksi di Tempat Kerja – Ketika di kantor pasti ada saja hal-hal yang membuat kita mudah terdistraksi sehingga pekerjaan yang sebenarnya gampang diselesaikan pun jadi bisa lama selesai. Penyebabnya pastinya adanya distraksi dalam kantor sehingga tidak fokus dalam mengerjakan pekerjaan.

baca juga : 4 Tips Agar Kembali Konsentrasi dan Fokus

Gangguan atau distraksi ini dipengaruhi oleh banyak hal. Baik itu notifikasi dari smartphone, suara teman kantor atau gangguan lain. Maka dari itu pekerjaan yang sepele pun bisa jadi selesai dalam waktu yang lama.

Berikut ini tips buat anda agar tetap fokus serta tidak distraksi di tempat kerja :

Mematikan Notifikasi Smartphone

Smartphone sudah menjadi benda yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan lebih takut tidak membawa smartphone daripada tidak membawa dompet ketika berpergian.

Smartphone itu memiliki banyak fungsi, apalagi dalam dunia kerja pasti sebagai tempat kita melakukan absensi ataupun menerima tugas. Tapi smartphone ini pastinya tidak hanya soal pekerjaan, pasti ada aplikasi hiburan lainnya seperti notifikasi media sosial, ataupun game.

Nah notifikasi ini yang cukup mengganggu kita dalam bekerja. Maka dari itu cobalah untuk menutup notifikasi dari smartphone agar tidak terdistraksi.

Tidak Multitasking

Multitasking biasanya sangat disarankan terutama ketika mengerjakan pekerjaan yang serupa. Tapi multitasking ini juga sangat buruk buat anda dalam dunia pekerjaan.

Sebab multitasking kan berarti mengerjakan beberapa tugas dalam satu waktu, tapi terkadang hal ini yang membuat pekerjaan semakin lama selesai. Sebaiknya otak kita fokus saja pada satu pekerjaan dulu baru melanjutkan pekerjaan lain. Bila dikerjakan sekaligus, pastinya akan hilang fokus dan terdistraksi. Alhasil pekerjaan yang dikerjakan pun tidak maksimal.

Jangan Mendengarkan Musik

Memang terkadang mendengarkan musik bisa membuat kita lebih tenang. Namun tahu gak kalau musik ini bisa mengganggu konsentrasi kita sendiri.

Hal ini membuat kita tidak bisa fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Mendengarkan musik boleh, tapi ketika jam istirahat ataupun waktu senggang saja. Bisa saja ketika pikiran anda sedang penat dan sulit berpikir, maka mendengarkan musik sejenak bisa membantu anda untuk kembali fokus pada pekerjaan.

Memilih Ruangan Sunyi

Sebenarnya dalam kantor hal ini kurang bisa diterapkan, sebab pastinya tempat duduk dikantor di susun oleh leader. Dan susunan ini tentunya membuat adna berbaur dengan orang lain. Jadi anda tidak bisa sendiri.

Padahal untuk tetap bisa fokus dan tidak terdistraksi, duduk di ruangan sendiri itu sangat bermanfaat. Sebab tidak ada suara dari orang lain, gerakan orang lain yang membuat anda terdistraksi. Hal ini membuat anda bisa lebih fokus lagi pada pekerjaan anda.

Nah poin ini sebenarnya lebih cocok bila anda tidak bekerja di kantor alias WFA (Work from Anywhere), baik itu di rumah ataupun tempat lain. Pastikan bila workplace anda ini memang tenang dan sunyi agar bisa tetap fokus.

Itu dia tips buat anda agar bisa tetap fokus serta tidak terdistraksi dalam tempat kerja. Semoga bisa bermanfaat dan bisa menyelesaikan tugas tepat waktu ya!