4 Tips Agar Kembali Konsentrasi dan Fokus

0
359
4 Tips Agar Kembali Konsentrasi dan Fokus

4 Tips Agar Kembali Konsentrasi dan Fokus – Salah satu kendala yang sering dialami para karyawan adalah sulitnya menjaga fokus dan konsentrasi, terutama saat bekerja. Bahkan sampai banyak suplemen yang dibuat hanya khusus untuk mengembalikan fokus dan konsentrasi.

Apakah kamu termasuk salah satu yang sering mengonsumsi suplemen tersebut? Sebenarnya terdapat beberapa tips yang bisa membantu kamu mengembalikan konsentrasi dan fokus tanpa harus mengonsumsi suplemen. Penasaran? Yuk simak langsung penjelasannya berikut ini!

Baca Juga : Tips Untuk Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

4 Tips Agar Kembali Konsentrasi dan Fokus

Ganti Kopi dengan Olahraga Ringan

Buat kamu yang selama ini bergantung kepada kopi untuk memulai hari, kamu bisa coba menggantinya dengan olahraga ringan seperti jogging selama 15 menit. Kopi memang terbukti efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan fokus, namun konsumsi yang terus-menerus dapat menyebabkan ketergantungan.

Selain itu, penelitian dari University of Illinois juga menyebutkan bahwa jogging selama 15 menit dapat mengaktifkan dan meningkatkan fungsi otak yang membuat konsentrasi lebih mudah dan fokus menjadi lebih tajam.

Minum Air Putih yang Banyak

Konsumsi air putih memang sudah terbukti menyehatkan. Idealnya adalah mengonsumsi air putih 2 liter dalam sehari. Bila kurang, konsentrasi akan menjadi terganggu. Saat kamu merasa fokus dan konsentrasi mulai terganggu, kamu bisa mengatasinya dengan minum air putih.

Perhatikan Waktu Tidur

Berapa jam waktu tidur kamu di malam hari? Bila kurang dari 8 jam, sebaiknya perbaiki jam tidurmu. Waktu tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 8 jam tiap malamnya. Saat jam tidur kamu tidak teratur, tubuh akan kesulitan untuk berkoordinasi yang dimana akibatnya akan membuat konsentrasi menjadi sulit.

Pusatkan Perhatian pada Satu Titik Fokus

Jika sudah mencoba semua cara di atas namun masih merasa sulit untuk fokus, cobalah untuk memusatkan perhatian kamu pada satu titik fokus. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menghilangkan distraksi atau gangguan yang ada di sekelilingmu. Kamu pun akan bisa konsentrasi lagi.