Tips Untuk Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

0
308
Tips Untuk Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Tips Untuk Menghindari Penipuan Berkedok Lowongan Kerja – Berkembang pesatnya teknologi jaman sekarang ini membuat penipuan jaman sekarang juga ikut berkembang. Segala cara dilakukan agar bisa melakukan penipuan, salah satunya lowongan kerja. Kini banyak sekali lowongan kerja namun aslinya adalah sebuah penipuan.

baca juga : Kenali Ciri-ciri Undangan Interview Palsu Agar Tidak Tertipu

Bagi anda yang sedang mencari lowongan pekerjaan, jangan terlalu mudah percaya dengan sebuah lowongan pekerjaan. Cobalah untuk mulai pastikan apakah lowongan kerja tersebut asli atau tidak.

Berikut ini tips buat anda menghindari lowongan kerja yang ternyata adalah penipuan :

Waspada Panggilan Interview Tiba-tiba

Bila anda tiba-tiba menerima undangan interview, coba ingat kembali apakah sebelumnya anda pernah melamar pada perusahaan tersebut? Bila anda merasa belum pernah melamar pada perusahaan tersebut tapi tiba-tiba mendapat undangan, waspadalah.

Bisa jadi itu merupakan penipuan. Jangan langsung mendatangi perusahaan tersebut, coba cek kembali undangan interview yang diterima. Bila anda menerimanya dari email, coba cek email domain. Bila email domain tidak sesuai dengan domain resmi perusahaan tersebut, bisa dipastikan itu adalah penipuan.

Jangan Tergiur Dengan Iming-iming Gaji Tinggi

Penipu bisa saja menjanjikan gaji tinggi, fasilitas lengkap serta banyak nya bonus setiap bulan agar korban pada tertarik. Bahkan terkadang lowongan kerja seperti ini cukup mencakup golongan yang luas, seperti lulusan SMA sederajat. Hal ini bertujuan agar banyak korban yang bisa tertipu.

Jangan langsung percaya bila mendapat lowongan pekerjaan dengan iming-iming gaji besar. Logikanya posisi dengan gaji tinggi pasti membutuhkan beberapa keahlian tertentu yang tidak bisa semua orang penuhi.

Mengecek Profil Perusahaan Terlebih Dahulu

Bila anda memang merasa sedang melamar disebuah perusahaan dan mendapat undangan wawancara, coba pelajari profil perusahaan terlebih dahulu. Cari tahu dulu alamatnya di internet, profilnya, atau mungkin bisa bertanya-tanya kepada orang yang mungkin tahu mengenai perusahaan tersebut. Jika lokasi perusahaan berada pada tempat yang mencurigakan, sebaiknya tanyakan orang sekitar dulu.

Kini banyak perusahaan abal-abal yang sengaja membuat korban menarik. Kemudian memanggilnya interview dan biasanya para oknum akan memeras korban dengan dalih biaya administrasi. Jangan sampai anda memberikan uang tersebut, sebab segala jenis interview itu pastinya gratis, tidak ada biaya apapun.

Jangan Asal Sebar CV Anda

Kini semuanya sudah serba digital, pastinya banyak anak muda sekarang bermain sosial media. Nah sangat disarankan untuk jangan asal menyebar CV anda ataupun data pribadi di media sosial anda. Apalagi menuliskan nomor handphone, sangat beresiko. Sebab hal ini bisa membahayakan diri sendiri.

Ditakutinya data anda di gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. CV dan data pribadi hanya dikirimkan pada orang yang terpercaya. Jadi bila anda sedang dalam proses mencari kerja, usahakan CV ini berisi mengenai kemampuan serta pengalaman kerja tanpa perlu menulis data pribadi secara detail. Dokumen terkait bisa menyusul bila misalnya anda benar-benar diterima dalam perusahaan.

Banyak sekali orang yang tidak bertanggung jawab saat ini sehingga bisa memanfaatkan kesulitan orang lain untuk meraih keuntungan. Seperti salah satu contohnya penipuan berkedok lowongan kerja ini, anda sebagai pencari kerja harus tetap berhati-hati ya.