Tugas dan Jenjang Karir Arsitek yang Wajib Diketahui

0
268
Tugas dan Jenjang Karir Arsitek yang Wajib Diketahui

Tugas dan Jenjang Karir Arsitek yang Wajib Diketahui – Buat kamu yang berencana memilih arsitek sebagai pilihan karir, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui dahulu. Arsitek sendiri tak hanya berkaitan dengan merancang bangunan saja. Seorang Arsitek juga harus bisa merencanakan dan mengawasi langsung keseluruhan proses pembangunan hingga selesai.

Untuk menjadi arsitek juga harus melewati proses yang tidak mudah. Mulai dari kursus ekstensif atau sarjana arsitek, pelatihan, hingga tes keprofesian. Menjadi arsitek juga tidak hanya berkaitan dengan bangunan yang estetika saja, namun juga fungsionalitas dan keamanan dari bangunan tersebut.

Baca Juga : Pentingnya Public Relation Bagi Perusahaan Start Up

Tugas dan Jenjang Karir Arsitek yang Wajib Diketahui

Tugas arsitek

Tugas dari arsitek sendiri cukup bervariasi dan tergantung dari tempat mereka bekerja. Bisa saja mereka terlibat dalam seluruh proses konstruksi atau hanya sekedar mendesain dan mengembangkan ide saja. Arsitek juga berkolaborasi dengan banyak pihak lain seperti desain interior, perencanaan kota, dan teknik struktur.

Tugas dari arsitek terbagi menjadi tiga peran utama, yakni:

Konsultasi dan Desain

Tugas pertama dari arsitek adalah berkonsultasi dengan klien terkait dengan kebutuhan dan spesifikasi dari konsep yang akan dibuat. Setelah itu, baru arsitek akan merancang desain dan membahas hal tersebut kepada klien secara reguler.

Dokumentasi

Dalam fase dokumentasi, arsitek biasanya membuat gambar secara detail dengan teknologi CADD. Hal ini juga bertujuan untuk memastikan desain yang dibuat layak dan aman. Revisi mungkin akan terjadi untuk memenuhi ekspektasi dan kebutuhan dari klien.

Setelah desain final dan disetujui oleh klien, barulah akan masuk ke fase instruksi konstruksi dan penyesuaian spesifikasi secara teknis oleh ahli konstruksi.

Konstruksi

Dalam fase ini, arsitek biasanya mengunjungi lokasi konstruksi untuk mengawasi jalannya konstruksi. Tak hanya itu, arsitek juga perlu menandatangani beberapa hal hingga bernegosiasi dengan kontraktor bila diperlukan.

Jenjang Karir Arsitek

Untuk kamu yang berniat untuk menjadi arsitek, jenjang karir arsitek sebagai berikut:

  • Mitra atau asosiasi bila bekerja di firma arsitektur swasta
  • Arsitek utama bila bekerja di sektor publik
  • Freelance
  • Mendirikan firma arsitek sendiri atau bekerja di luar negeri.

Buat kamu yang sedang mencari info lowongan kerja arsitek, yuk cek langsung di kitakerja.com.