Hal-hal yang Wajib Disampaikan Ketika Perkenalan Interview

0
344
Hal-hal yang Wajib Disampaikan Ketika Perkenalan Interview

Hal-hal yang Wajib Disampaikan Ketika Perkenalan Interview – Dalam proses interview, tahap dari awal sebelum pewawancara menggali lebih dalam mengenai apa yang dikuasai oleh kandidat pastinya harus memperkenalkan diri terlebih dahulu. Dalam tahap memperkenalkan diri kandidat kepada pewawancara tentu saja sangat penting agar pewawancara bisa mengenal kandidat yang akan di interview.’

baca juga : Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Proses Interview

Dalam perkenalan diri ini biasanya dilakukan secara singkat saja dan bahkan ada pewawancara yang memberikan waktu perkenalan. Jadi anda sebagai seorang kandidat tentu saja harus mempersiapkan apa saja yang perlu dikatakan dalam proses perkenalan ini.

Berikut ini hal-hal yang wajib disampaikan ketika perkenalan interview

Menyebutkan Nama Serta Biodata Singkat

Tentu saja dalam perkenalan anda akan menyebutkan nama anda serta hal lainnya yang terkait dengan biodata diri anda. Perlu diperhatikan bahwa anda tidak perlu menyampaikan hal-hal pribadi bila tidak ada berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Anda bisa saja menjawab ketika ditanya saja.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap individu pastinya memiliki kelebihan serta kelemahan masing-masing. Coba sampaikan apa saja kelebihan dan kekuranganmu secara jujur. Jangan lupakan juga apa yang dapat anda lakukan untuk menutupi kekurangan yang anda miliki sehingga kekurangan ini tidak mengganggu proses bekerja. Tidak perlu ragu ketika menyampaikan ini ketika interview, pastinya anda harus dapat memahami kelebihan serta kelemahan diri anda.

baca juga : Cara Menjawab Kelemahan Diri Anda Ketika Interview

Background Pendidikan dan Pengalaman

Background pendidikan sudah menjadi hal penting ketika melakukan perkenalan. Jelaskan apa jurusan kuliah yang anda ambil dan apa yang anda pelajari selama kuliah, sampaikan juga jurusan yang anda ambil ini berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar.

Tidak lupa dengan pengalaman kerja, bila anda sudah pernah bekerja tentunya anda memiliki pengalaman kerja dan ini lah yang perlu disebutkan dalam perkenalan singkat ini. Hal ini tentu sangat berguna apalagi posisi yang anda lamar berkaitan dengan pengalaman kerja anda, tentu saja cukup berhubungan dan membuat pewawancara tertarik.

Yakinkan Rekruter

Coba untuk menambah kata-kata meyakinkan agar rekruter melihat anda cukup meyakinkan dan akan menandai anda sebagai kandidat yang layak. Anda dapat menambahkan skill-skill serta karakter diri anda yang dapat mendukung anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Misalnya anda merupakan jurusan akuntansi dan melamar di bagian accounting, anda dapat meyakinkan rekruter dengan mengatakan bahwa anda orang yang sangat teliti sehingga sangat cocok untuk bidang akuntansi karena berhubungan dengan angka.

Itu dia beberapa hal yang wajib untuk anda sebutkan ketiak perkenalan interview. Proses perkenalan diri ini sudah menjadi tahapan utama dimana pewawancara atau rekruter melihat diri anda apakah anda cocok untuk dilanjutkan atau tidak. Jangan berbicara mengenai hal pribadi yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan, coba sampaikan hal-hal yang membuat rekruter tertarik untuk menggali lebih dalam pribadi anda sendiri.