Cara Menjawab Kelemahan Diri Anda Ketika Interview

0
359
Cara Menjawab Kelemahan Diri Anda Ketika Interview

Cara Menjawab Kelemahan Diri Anda Ketika Interview – Ketika melakukan interview, pasti banyak perusahaan yang akan menanyakan mengenai kelebihan atau kelemahan anda. Pertanyaan ini biasanya ditanyakan untuk menguji apakah karyawan ini sudah mengenal dirinya atau belum. Menjawab pertanyaan seperti ini tentunya memerlukan persiapan yang matang, apalagi anda yang masih fresh graduate.

baca juga : Trik Agar Seorang Fresh Graduate Dapat Lolos Seleksi Lamaran Kerja

Maka dari itu, kali ini di blog.kitakerja.com terdapat beberapa tips yang mungkin dapat anda gunakan ketika ingin melakukan interview kerja.

Ini dia tips untuk menjawab kelemahan diri ketika sedang interview

Sebelum interview, pastikan sudah melakukan persiapan

Lakukanlah persiapan terlebih dahulu, coba mulai list kelemahan diri anda, apa saja yang dapat menjadi jawaban. Pilihlah jawaban yang bernilai positif dan jangan bisa merugikan diri anda sendiri.

Jangan Membuat Kesan Kelemahan Ini Menghambat

Bila anda sedang menjelaskan tentang kelemahan diri anda, sebisa mungkin jawablah dengan positif. Anda jelaskan bahwa kelemahan anda ini bisa diatasi dan serta tidak menghambat produktivitas ketika bekerja.

Jawablah dengan Jujur

Jujur telah menjadi salah satu kunci kesuksesan, meskipun itu sangat buruk sekali namun kejujuran tentu menjadi kunci utama seorang HRD menilai prilaku anda. Sebisa  mungkin jujur kepada HRD, pilihlah kata-kata yang dapat anda pertanggung jawabkan.

Menjawab dan Menjelaskan

Bila anda cukup menjawab singkat saja, tentu jawaban tersebut akan menjadi rancu dan membuat HRD kurang yakin dengan anda. Coba untuk menjelaskan apa arti dari jawaban anda sehingga HRD pun tidak salah paham dengan jawaban yang anda berikan.

Jangan Coba Untuk Memilih Kelemahan Diri yang Berkaitan dengan Pekerjaan yang Dilamar

Coba untuk memilih jawaban yang tepat dari list yang telah anda jabarkan. Jangan sampai memilih jawaban kelemahan yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Seperti misalnya bila anda memilih pekerjaan marketing, tapi pada nyatanya anda masih kurang dalam berkomunikasi dan sosialisasi, maka jawaban tersebut tentu tidak berkorelasi dengan jabatan yang anda lamar. Seorang marketing tentunya harus bisa bersosialisasi serta berkomunikasi yang baik sehingga barang jualan bisa laku. Bila anda mengatakan kelemahan anda tersebut, maka sudah pasti HRD bisa saja menolak lamaran anda.

Tetap Yakin dan Percaya Diri

Meskipun anda sedang menjawab pertanyaan mengenai kelemahan anda, anda harus tetap coba memberikan jawaban yang percaya diri. Jangan seolah-olah anda ini tidak yakin untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang dilamar.

baca juga : Tips Buat Anda yang Ingin Mendapatkan Pekerjaan yang Disukai

Ini dia beberapa tips untuk menjawab kelemahan diri anda ketika sedang interview. Cobalah untuk mengimplementasi beberapa tips ini hingga anda bisa masuk dalam perusahaan. Mulailah untuk mencari lowongan pekerjaan anda sesuai dengan yang anda impikan di kitakerja.com. Terdapat berbagai lowongan kerja mulai dari lowongan kerja programmer di medan, lowongan kerja accounting di medan, dan lowongan kerja lainnya.