Kesalahan Interview yang Membuat Anda Gagal Diterima Kerja

0
225
Kesalahan Interview yang Membuat Anda Gagal Diterima Kerja

Kesalahan Interview yang Membuat Anda Gagal Diterima Kerja – Bila sudah melakukan banyak usaha untuk melamar di berbagai tempat namun belum ada satupun lamaran yang lolos, cobalah untuk berpikir lagi apakah ada yang salah ketika melakukan interview. Bisa saja kesalahan pada interview ini yang membuat anda gagal tersu diterima kerja.

baca juga : Jangan Malu, Inilah Keuntungan Bekerja di Perusahaan Kecil

Mungkin dari sikap anda ketika diwawancara salah, bicara yang berlebihan, serta tidak sopan. Tentu saja banyak pemicu yang membuat anda gagal diterima kerja.

Berikut ini kesalahan ketika interview yang membuat anda gagal diterima kerja

Bertele-tele

Salah satu kesalahan yang fatal ketika interview adalah anda terlalu bertele-tele. Memang aktif berbicara itu menjadi sebuah nilai plus, tapi kalau bicaranya sudah belok alias sudah belok dari topik tentunya akan menjadi bingung mau dibawa kemana pembicaraan ini. Bicara bertele-tele menunjukkan bahwa seseorang tersebut memiliki tingkat fokus yang rendah.

Membanggakan Orang Dalam

Memiliki koneksi di dalam perusahaan yang anda lamar tentulah hal yang bagus, ini bisa menjadi nilai tambah ketika interview. Tapi perlu anda ketahui bahwa ini juga beresiko besar juga. Sebab bila anda terlalu berlebihan membanggakan koneksi yang anda kenal, bisa saja pihak perusahaan menolak lamaran anda karena ada perusahaan yang tidak memperbolehkan satu keluarga untuk bekerja di satu tempat yang sama.

Tidak Sopan Kepada Interviewer

Menciptakan kesan pertama memang bagus, tapi bukan berarti anda bisa asal berbicara. Misalnya menanyakan hal pribadi pada pewawancara. Hal pribadi merupakan hal yang cukup sensitif, apalagi ini ditanyakan kepada pewawancara yang bukanlah kerabat ataupun teman anda. Tentu saja hal ini tidak sopan dan membuat anda dinilai sebagai orang yang tidak tahu etika. Alhasil lamaran anda pun ditolak.

Menanyakan Gaji dengan Tidak Sopan

Ini mungkin memang hal yang normal ketika melakukan interview, yakni menanyakan gaji yang diterima. Tapi terkadang ada beberapa calon pekerja yang melakukan interview dan menyebutkan nominal gaji yang cukup tinggi melebihi standar dari kemampuannya. Hal ini tentu membuat pewawancara penasaran dengan anda dan akan segera menguji anda seberapa besar skill anda. Tapi bila hasil tes anda tidak sesuai dengan nominal gaji yang anda minta tentu membuat pewawancara merasa anda sangat angkuh dan terlalu membesar-besarkan suatu hal. Maka dari itu ketika menanyakan gaji sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan anda serta pengalaman kerja anda.

baca juga : Cara yang Tepat Untuk Menyampaikan Kritik Pada Atasan

Nah itu dia kesalahan interview yang membuat anda gagal untuk diterima kerja. Maka dari itu ketika interview anda perlu untuk memperhatikan hal-hal tersebut sehingga pewawancara pun memiliki kesan baik terhadap anda dan ingin menerima anda. Ingat tetap jaga sikap dan jangan berlebihan. Temukan berbagai informasi lowongan kerja medan di Kitakerja.com!