Tips Agar Sukses dalam Wawancara Kerja Online

0
56
Tips Agar Sukses dalam Wawancara Kerja Online

Tips Agar Sukses dalam Wawancara Kerja Online – Selama pandemi ini, segala aktivitas perkantoran biasanya dilakukan secara online. Tidak hanya kerjaan, tapi juga proses perekrutan karyawan dilakukan secara online. Bagi para pencari kerja, perubahan metode ini bukan sekedar ganti platform, tapi mereka juga harus tetap membekali diri dengan berbagai persiapan agar wawancara tetap berjalan lancar.

baca juga : Berikut Tips Negosiasi Untuk Kenaikan Gaji

Persiapan utama yang harus di miliki oleh calon pelamar kerja ketika wawancara adalah sebagai berikut

Kestabilan koneksi internet

Pastikan bahwa koneksi internet anda stabil, hindari gangguan selama wawancara online. Jangan sampai terjadi kesalahan koneksi seperti suara pewawancara yang tidak jelas ataupun penjelasanmu yang tidak tersampaikan dengan baik. Atau terlebih lagi skenario terburuknya adalah jaringan internet tidak stabil. Usahakan posisi gadget dekat dengan router atau bila anda dari hp, posisikan hp di lokasi yang sinyalnya kuat.

Berpenampilan rapi

Walau tidak bertemu langsung, bukan berarti bisa berpakaian seenaknya. Interview dengan video, pewawancara bisa melihatmu dari ujung rambut hingga dada. Jadi pastikan penampilanmu tetap baik ketika bertemu dengan calon atasan. Anda bisa memakai kemeja ataupun menambahkan blazer agar terkesan rapi. Pilihlah warna yang netral. Hindari juga warna pakaian yang mencolok.

Mencari spot posisi yang sesuai

Pemilihan ruangan untuk wawancara kerja juga penting. Hal ini agar menghindari kejadian yang tidak terduga, seperti anggota keluarga yang berjalan di belakang layar, atau suara makanan yang tertangkap di microphone. Anda bisa menggunakan ruangan kerja atau kamar sendiri dan memilih latar belakang tembok bersih. Aturlah posisi agar kamera tidak melihat jendela dan lakukan pada tempat yang tertutup.

Melakukan latihan

Tips terakhir yaitu latihan wawancara di rumah bersama anggota keluarga ataupun teman. Gunakan aplikasi meeting online untuk berperan sebagai pewawancara dan kandidat kerja. Ketika latihan, anda bisa mencoba mempertahankan posisi tegak selama beberapa waktu, biasakan mata menatap kamera dan bukan layar, serta atur volume suara. Minta kawan atau keluargamu yang membantu mu latihan berkomentar mengenai sikap anda saaat wawancara. Jangan lupa untuk menguasai beberapa pertanyaan yang biasa muncul pada sesi wawancara kerja, misal seperti cerita tentang diri sendiri, alasan melamar ke perusahaan, kelebihan dan kekurangan diri sendiri.

baca juga : Alasan Mengapa Jangan Pernah Mudah Percaya Dengan Rekan Kerja Senior

Sekian dari tips agar sukses dalam wawancara kerja online. Mari mulai cari lowongan kerja di kitakerja. Selalu cek profile dan email anda untuk mengetahui notifikasi mengenai panggilan untuk melakukan interview.