Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Proses Interview

0
299
Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Proses Interview

Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Proses Interview – Banyak sekali jobseeker yang saat ini sudah berhasil melalui tahapan interview ketika proses mencari kerja, namun terkadang masih banyak juga jobseeker yang tidak paham apa yang harus dilakukan setelah proses interview.

baca juga : Tips Agar HRD Lebih Terkesan Ketika Wawancara Kerja

Sebenarnya apa saja sih yang perlu kita lakukan setelah melakukan interview? Apakah kita hanya perlu menunggu panggilan berikutnya atau gimana?

Berikut ini hal yang perlu dilakukan ketika selesai proses interview

Ucapkan Terima Kasih

Anda bisa mengirimkan ucpaan terima kasih kepada perusahaan yang baru saja mengundang anda dalam melakukan interview. Sampaikan bahwa anda merasa senang karena telah diberikan kesempatan untuk dapat interview. Anda juga mendapatkan pengalaman dalam menjalan interview tersebut. Ucapan ini bisa berupa kiriman dari email di hari yang sama atau satu hari setelah melakukan proses interview. Mengirimkan ucapan ini bisa memberikan pesan positif kepada perusahaan.

Follow Up Hasil Interview

Bila anda belum mendapatkan kabar interview setelah masa yang dijanjikan, coba untuk melakukan follow up pada perusahaan. Tanyakan hasil interview yang dilakukan. Karena bukan tidak mungkin perusahaan lupa menghubungimu untuk hasilnya. Coba gunakan bahasa yang sopan ketika menanyakan hasil interview tersebut.

Evaluasi Diri

Setelah interview, coba melakukan evaluasi diri agar bisa menjadi yang lebih baik untuk interview kedepannya. Ingat-ingat kembali proses yang dilakukan sebelumnya, kira-kira mana yang perlu diperbaiki. Misalnya ketika salah menjawab berkaitan tentang pengetahuan perusahaan, jadi coba untuk pelajari lebih dalam lagi profil perusahaan tersebut agar tidak ada kesalahan yang sama di interview berikutnya.

Lupakan dan mulai lamar pekerjaan lain

Setelah mengucapkan terima kasih pada perusahaan serta follow up hasil interview, coba segera move on dan cari pekerjaan baru lainnya lagi. Mungkin memang hasil interview sebelumnya masih belum memberikan jawaban pasti, jadi tidak perlu di tunggu lagi. Hal ini penting agar tidak merasa dighosting oleh perusahaan setelah interview.

Nah itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan setelah melewati proses interview. Jangan hanya duduk diam menunggu hasil saja, cobalah untuk lakukan hal-hal lainnya yang mungkin bisa menambah value diri anda. Tetap semangat ya dalam mencari pekerjaan!