10 Cara Memperkenalkan Diri Kepada Atasan Secara Profesional

0
814
10 Cara Memperkenalkan Diri Kepada Atasan Secara Profesional

10 Cara Memperkenalkan Diri Kepada Atasan Secara Profesional – Ketika tempat kamu bekerja kedatangan bos atau atasan baru, penting sekali untuk memberikan kesan pertama yang baik sebagai karyawan. Apabila kesan pertama sudah bagus, hal tersebut akan membantu membangun hubungan kerja yang profesional.

Sayangnya banyak orang yang melakukan kesalahan baik itu kecil maupun fatal saat pertama kali berinteraksi dengan atasan baru. Berikut ada beberapat tips yang mungkin bisa membantu kamu.

Baca Juga : Pengertian Mid Career Crisis dan Cara Mengatasinya

10 Cara Memperkenalkan Diri Kepada Atasan Secara Profesional

Gunakan bahasa formal

Saat memperkenalkan diri kepada atasan baru, pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan formal. Hindari bahasa yang terlalu santai atau informal seperti bahasa percakapan sehari-hari.

Sampaikan informasi penting tentang diri Anda

Berikan informasi singkat tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan prestasi terkait pekerjaan Anda. Ini akan membantu atasan baru untuk lebih memahami posisi dan peran Anda dalam organisasi.

Jelaskan harapan Anda

Jika ada harapan atau tujuan yang ingin Anda capai di dalam organisasi, sampaikan dengan jelas kepada atasan baru Anda. Ini akan membantu Anda dan atasan baru Anda berada pada halaman yang sama dan bekerja secara efektif.

Bersikap terbuka dan ramah

Cobalah untuk menjadi terbuka dan ramah saat memperkenalkan diri. Hal ini dapat membantu menciptakan hubungan kerja yang baik dan mempererat hubungan dengan atasan baru Anda.

Perkenalkan diri secara pribadi

Jika memungkinkan, ajak atasan baru Anda untuk bertemu secara langsung dan perkenalkan diri Anda secara pribadi. Hal ini akan membantu Anda untuk lebih mengenal atasan baru Anda dan sebaliknya. Namun, pastikan untuk mengikuti protokol kesehatan dan keselamatan yang berlaku dalam situasi pandemi seperti sekarang.

Jangan terlalu banyak berbicara tentang diri sendiri

Saat memperkenalkan diri, jangan terlalu banyak berbicara tentang diri Anda sendiri. Cobalah untuk memfokuskan perhatian pada atasan baru dan organisasi. Misalnya, berbicara tentang visi dan misi organisasi, atau tugas dan tanggung jawab atasan baru di posisi barunya.

Kenali posisi dan peran atasan baru

Sebelum bertemu atau berbicara dengan atasan baru, pastikan Anda sudah memahami posisi dan peran atasan baru di organisasi. Hal ini dapat membantu Anda menghindari kesalahan dalam memperkenalkan diri dan memahami bagaimana posisi Anda berhubungan dengan posisi atasan baru.

Siapkan pertanyaan

Siapkan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan atau posisi Anda, serta organisasi tempat Anda bekerja. Ini akan membantu menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan pekerjaan dan ingin belajar lebih banyak tentang organisasi.

Sampaikan rasa terima kasih

Sampaikan rasa terima kasih Anda kepada atasan baru untuk kesempatan bergabung di dalam organisasi. Hal ini dapat membantu menciptakan suasana yang positif dan memperlihatkan sikap yang sopan dan menghargai.

Ikuti kebijakan organisasi

Selalu perhatikan dan ikuti kebijakan organisasi terkait protokol kesehatan dan keselamatan dalam situasi pandemi seperti sekarang. Pastikan Anda mengikuti prosedur yang berlaku ketika bertemu atau berbicara dengan atasan baru.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memperkenalkan diri kepada atasan baru secara profesional dan menciptakan hubungan kerja yang baik di dalam organisasi.