4 Alasan Kenapa Tidak Melamar Semua Lowongan Kerja

0
331
4 Alasan Kenapa Tidak Melamar Semua Lowongan Kerja

4 Alasan Kenapa Tidak Melamar Semua Lowongan Kerja – Sebagai seorang pencari kerja, tentunya mencari pekerjaan yang sesuai dengan minat ataupun skill serta pengalaman yang ada. Namun terkadang ada juga yang asal melamar semua lowongan pekerjaan yang ditemui. Pada umumnya perusahaan biasanya akan tetap melakukan filter calon kandidat sesuai dengan posisi yang dibutuhkan.

baca juga : Tipe Format CV yang Paling Tepat Buat Anda

Sebenarnya memang terkadang ada kemungkinan dipanggil oleh perusahaan, namun sangat kecil kemungkinan tersebut. Bahkan bila dipanggil pun, pasti akan ditawari ke posisi lain. Sebenarnya sangat disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut.

Berikut ini alasan kenapa tidak melamar semua lowongan kerja

Hanya Habiskan Waktu serta Tenaga

Melamar semua lowongan kerja yang ditemui tanpa melakukan filter sama artinya saja dengan menembak tidak tepat sasaran. Anda hanya menghabiskan waktu dan tenaga. Belum lagi anda melempar lamaran dengan kertas fisik, bila dihitung-hitung sudah habis berapa biaya dokumen tersebut, belum lagi transportasi ke perusahaan tersebut.

Maka dari itu sebaiknya lakukan filter dengan sebaik mungkin sehingga lebih hemat waktu serta tenaga.

Pekerjaan Tidak Sesuai

Coba untuk ambil sisi positif bila melempar lamaran kerja pada setiap lowongan kerja yang ditemui, dan anda dipanggil interview. Beberapa hari kemudian anda langsung diterima. Tapi kemudian ternyata pekerjaan yang anda kerjakan tidak sesuai dengan diri anda.

Nah ini dia sisi negatifnya, sangat besar kemungkinan pekerjaan yang anda masuki ini adalah pekerjaan yang tidak sesuai dengan anda. Tidak sesuai dengan minat serta keahlian anda. Alhasil anda akan mengalami burn out dan hasil pekerjaan anda tidak maksimal.

Kemungkinan Mendapat Pekerjaan Kecil

Banyak pencari kerja yang berpikir bahwa semakin banyak lamaran yang dilempar maka semakin besar peluang mendapatkan pekerjaan. Sebenarnya hal ini ada benarnya, apalagi bila anda memiliki kriteria yang tepat. Tapi jika anda melamar tanpa memperhatikan kriteria, pastinya lamaran kerja seberapa banyak pun yang dikirim, tentu saja kesempatan untuk diterima kecil.

Profil Belum Tentu Sesuai

Pada akhirnya kita akan kembali ke poin terakhir ini. Setiap lowongan kerja pasti ada kriteria masing-masing. Seharusnya sebagai seorang pencari kerja, harus dapat mencocokkan profil dulu sesuai dengan kriteria lowongan kerja sebelum melamar.

Melamar tanpa mencocokkan kemampuan dan latar belakang adalah hal yang sia-sia. Rata-rata orang yang melamar pekerjaan tanpa mencocokkan kriteria ini sangat kecil kemungkinan lamarannya di proses.

Jadi melamar pekerjaan itu tidak boleh asal-asal ya! Harus sesuaikan dulu dengan kriteria lowongan pekerjaan tersebut. Nah coba mulai untuk cari lowongan pekerjaan di kitakerja.com. Kemudian cocokkan juga dengan profil anda, bila cocok pastinya anda akan menerima panggilan interview.