4 Keuntungan Menjadi Seorang PNS

0
426
4 Keuntungan Menjadi Seorang PNS

4 Keuntungan Menjadi Seorang PNS – Pegawai Negeri Sipil atau biasa disebut dengan PNS merupakan salah satu pekerjaan idaman oleh beberapa orang di Indonesia. Meskipun pendaftaran CPNS 2023 belum resmi dibuka, tapi sudah banyak orang yang mulai bersiap-siap untuk tes seleksi CPNS ini.

baca juga :Siap-siap! Jadwal dan Syarat CPNS 2023

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan bila bisa menjadi seorang PNS, mulai dari gaji hingga jam kerja yang tetap.

Berikut ini 4 Keuntungan Menjadi Seorang PNS

Gaji dan Tunjangan

Keuntungan pertama adalah soal penghasilan. Berbeda dengan kantor swasta yang tergantung dengan kondisi keuangan perusahaan, gaji PNS akan selalu stabil.

Kenaikan gaji PNS juga biasa lebih tinggi dibandingkan dengan inflasi tahunan. Belum lagi tunjangan PNS yang lebih tinggi dibandingkan gaji.

Gaji seorang PNS ini biasanya ditentukan berdasarkan pendidikan dan masa kerja. Terpisah lagi di berbagai golongan mulai dari Golongan I hingga IV.

Untuk tunjangannya sendiri, sesuai dengan profesi dan kinerjanya. Seperti contohnya seorang dokter, guru atau dosen. Biasanya tunjangan dari PNS ini ditentukan berdasarkan besaran gaji pokok.

Jenjang Karir

Karena PNS sudah diatur oleh negara dalam perundang-undangan, jadi jenjang karir nya sudah pasti terjamin. Peningkatan jabatan PNS juga selaras dengan kenaikan gaji, tunjangan dan juga fasilitas yang disediakan.

Kendaraan dan Rumah Dinas

Salah satu yang tidak kalah menarik dari menjadi PNS adalah kendaraan serta rumah dinas yang disediakan. Fasilitas ini sungguh memudahkan mobilitas serta kesejahteraan seseorang.

Jam Kerja yang Pasti

Keuntungan lainnya adalah jam kerja pasti. Jadi tidak ada tuh lembur-lembur atau kerja rodi. Tidak seperti perusahaan lainnya yang mungkin memberikan jam kerja tidak terbatas dan target tidak masuk akal.

Namun perlu dicatat, jam kerja PNS ini sesuai dengan jam operasional instansi. Biasanya mulai dari jam 8 hingga jam 4 sore atau sekitar 8 jam perhari. Hari kerjanya juga pasti yakni hari Senin sampai Jumat.

Nah itu dia keuntungan bila menjadi seorang PNS. Menarik bukan, makanya banyak sekali warga Indonesia yang sangat ingin mendaftar menjadi PNS. Bahkan sekarang pun sudah mulai belajar untuk tes seleksi CPNS 2023 nanti.