4 Tanda Bahwa Anda Mengalami Bullying di Tempat Kerja

0
358
4 Tanda Bahwa Anda Mengalami Bullying di Tempat Kerja

4 Tanda Bahwa Anda Mengalami Bullying di Tempat Kerja – Bullying kerap menjadi perilaku yang sering terjadi dimana saja, baik itu di sekolah, lingkungan luar maupun tempat kerja. Bullying ini biasanya tindakan yang sangat tidak dibenarkan. Pada dasarnya bullying itu sengaja untuk menindas orang.

Perilaku bullying tidak hanya dilakukan oleh satu orang, tapi juga sekelompok orang. Pastinya pelaku ini memiliki kuasa yang lebih kuat sehingga berani melakukan bullying. Dunia kerja begitu juga, seperti misalnya atasan yang memiliki kuasa tinggi pasti akan menindas bawahannya.

baca juga : Tanda-Tanda Rekan Kerja yang Menyebalkan, Apakah Anda Termasuk?

Hanya saja terkadang ada yang merasa cukup polos dan menganggap bahwa perilaku tersebut biasa saja. Jangan sampai berpikiran begitu! Anda sebagai manusia juga harusnya tentu bisa merasakan tanda pembullyan di sekitar anda.

Berikut ini tanda bahwa terjadi bullying di tempat kerja :

Ketidakseimbangan Kekuatan

Hal yang dimaksud ini adalah ketika anda berada pada posisi yang lemah dan sangat mudah untuk ditindas. Apalagi anda yang tidak pernah protes ataupun memiliki akses untuk batasan diri. Seringkali pasti anda diintimidasi oleh manajer ataupun staff senior. Bullying ini memberikan kepuasan bagi pelakunya sehingga sering melakukan hal ini.

Pengucilan Sosial

Sikap bullying yang sering diterima adalah pengucilan sosial. Setiap lingkungan kerja pasti ada saja circle antar rekan kerja dimana tim A dan tim B saling berlawanan. Apalagi bila anda anak baru, untuk berbaur dengan para circle tersebut pastinya anda akan ditindas dulu atau bahkan dikucilkan. Seperti contohnya tidak pernah di ajak makan, diajak jajan, dsb.

Hal ini paling sering terjadi dalam lingkungan kerja. Mungkin anda melihat mereka cukup baik karena bersikap manis di depan anda, tapi dibelakang anda mereka kerap menggosip atau menjelekkan dirimu.

Mengalami Perilaku Merugikan

Hal yang merugikan ini biasanya teknik manipulasi, seperti sering menahan informasi penting untuk dirimu sehingga anda terlambat mengetahuinya.

Kemudian ketika anda mendapatkan tugas pasti tugas paling berat itu diberikan kepada anda, sedangkan rekan kerja lainnya mendapatkan tugas ringan. Atasan juga sering memberikan deadline tidak masuk akal kepada anda. Tentu saja ini akan menambah beban stress anda.

Mengalami Pelecehan Tidak Langsung

Secara tidak langsung, pasti anda sering terjadi mengalami pelecehan dalam tempat kerja. Seperti contohnya rundungan atau sindiran verbal yang membuat anda sakit hati. Tapi sayangnya anda hanya dapat menerimanya dan tidak bisa berbuat banyak. Biasanya bila terjadi hal seperti ini pasti hanya bisa diam dan menerima perilaku tersebut.

Sikap-sikap di atas merupakan perilaku bullying yang kerap terjadi dalam dunia kerja. Bila anda menyadari bahwa anda terkena beberapa sikap tersebut, coba untuk meminta bantuan atau speakup. Bahkan bila sudah tidak tahan, resign bisa menjadi pilihan yang tepat.