Alasan Mengapa Mengurangi Jam Kerja Bukan Berarti Menurunkan Produktivitas

0
257
Mengapa Mengurangi Jam Kerja Bukan Berarti Menurunkan Produktivitas

Alasan Mengapa Mengurangi Jam Kerja Bukan Berarti Menurunkan Produktivitas – Produktivitas rasanya disamakan dengan bekerja setiap hari tanpa sadar akan waktu sudah berapa lama dihabiskan untuk bekerja. Padahal nyatanya produktivitas itu bukan berarti bekerja lama adalah produktif, melainkan produktivitas adalah cara bagaimana seseorang menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

baca juga : Berikut Tips Agar Tidak Terpengaruh Rekan Kerja Pemalas

Waktu bukanlah segalanya yang digunakan untuk bekerja. Malah lebih baik jika anda mengurangi jam kerja bila merasa sudah berlebihan.

Berikut ini alasan mengapa mengurangi jam kerja bukan berarti menurunkan produktivitas

Membuat kerja lebih efisien

Bekerja selama 8 hingga 12 jam bukan berarti bahwa pekerjaan yang kamu kerjakan lebih banyak terselesaikan. Pada dasarnya selama bekerja, mungkin banyak yang bisa merusak konsentrasi. Seperti teman  yang ajak ngobrol, sering membuka sosmed, dsb.

Belum lagi kualitas hasil kerja yang dikerjakan. Bila sudah tidak berkonsentrasi, selama apapun anda bekerja, hasil kerjamu pasti tidak akan bagus.

Sempat bersantai dengan keluarga

Baik anda sudah berkeluarga atau tidak, setidaknya anda butuh refreshing dan family time bersama keluarga. Hal ini dilakukan agar semua beban pekerjaan yang ada dalam pikiran hilang sejenak.

Terlalu lama bekerja membuat pikiranmu stuck

Apalagi anda yang bekerja pada bidang kreatif, pasti akan sering butuh ide-ide menarik dan out of the box. Bila bekerja terlalu lama, hal ini membuat pikiran anda buntu dan tidak ada ide-ide segar.

Bukan berarti yang tidak bekerja di bidang kreatif tidak kena ini. Terlalu lama bekerja akan membuat diri anda sulit untuk mencari solusi masalah pekerjaan yang sedang dihadapi.

Buat sebuah target harian

Buatlah sebuah target harian agar pekerjaan  yang dikerjakan lebih produktif. Jangan memaksa terus untuk mengerjakan semuanya dalam satu hari. Anda perlu menentukan terlebih dahulu hari ini apa yang ingin dikerjakan. Bila anda telah selesai dengan target tersebut, anda dapat beristirahat.

baca juga : Apa Bedanya Content Writer dengan Copywriter?

Jadi ingat, mengurangi jam kerja bukan berarti menurunkan produktivitas. Tapi ingat juga jangan asal sembarangan memotong jam kerja dengan bermalas-malasan. Selalu buat target dan ukur pencapaian harian mu. Dengan begitu ketika anda telah tau jam kerja sudah cukup, anda bisa beristirahat sejenak.