Apa Bedanya Content Writer dengan Copywriter?

0
136
Apa Bedanya Content Writer dengan Copywriter?

Apa Bedanya Content Writer dengan Copywriter? – Bidang industri kreatif sekarang iini tidak hanya menuntut karyawannya untuk menghasilkan konten kreatif, tapi juga berkualitas. Konten-konten ini dapat berupa tulisan ataupun visual. Seperti contohnya dalam penulisan, pasti anda pernah dengar dengan content writer dan copywriter. Tapi tau gak sih bedanya dimana?

baca juga : Berapakah Gaji Ideal Karyawan Magang?

Walaupun sama-sama berhubungan dengan menulis, tapi sebenarnya content writer dan copywriter merupakan dua hal yang berbeda. Hal yang paling mudah untuk diuji adalah dengan dimulainya portal atau website penyedia lowongan kerja. Disana anda bias menemukan perbedaan deskripsi pekerjaan dari masing-masing posisi.

Berikut ini beda dari content writer dan copywriter :

Tujuan berbeda

Seorang content writer memiliki tugas untuk membuat konten tulisan ataupun artikel mengenai isu atau tema. Artikel ini bersifat informatif dan edukatif. Maka dari itu content writer ini memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan visitor blog atau sebuah website agar pembaca bisa betah bertahan di website tersebut.

Sedangkan copywriter tugasnya lebih kepada pemasaran sehingga tulisannya bersifat komersal dimana harus bisa melakukan conversion dari para pembacanya seperti pembaca yang membaca langsung melakukan pembelian ataupun melakukan contact kepada CS. dengan kata lain copywriter lebih kepada mempromosikan sebuah produk ataupun jasa dari perusahaan kepada konsumen yaitu pembaca.

Gaya Penulisan

Bentuk tulisan panjang dan detail merupakan ciri khas dari content writer. Konten ini biasanya mengacu pada penulisan rumus 5W + 1H yang digunakan dalam penulisan jurnalistik. Seorang content writer harus dapat melakukan riset untuk mengembangkan konten tulisan yang sedang dibuat. Riset ini dapat berupa data ataupun wawancara.

Sedangkan copywriter hanya perlu tulisan pendek seperti headline, tagline, dan juga slogan. Seorang copywriter harus dapat memainkan kata-kata menarik untuk mempromosikan sebuah produk dan jasa.

Media

Tulisan content writer biasanya dipublikasikan melalui media yang dapat dibaca dalam waktu lama seperti contohnya sebuah website berita atau blog.

Sedangkan copywriter media yang digunakan biasanya billboard, poster, web banner, social media ads, email ads, katalog produk dan lainnya yang dimana pembaca hanya perlu waktu singkat untuk membacanya. Tidak hanya tulisan, anda juga bisa mendengar dan menonton hasil karya copywriter melalui iklan video ataupun apps streaming.

baca juga : Tips untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Bekerja

Perbedaan yang paling mendasar pada kedua profesi ini adalah pada content writer lebih melakukan riset pada isu dan tema sedangkan copywriter melakukan riset pada produk dan jasa yang ingin ditawarkan. Nah setelah mengetahui kedua perbedaannya, gimana? Apakah anda merasa sebagai content writer atau sebagai copywriter? Karier mana yang menurut anda cocok untuk anda? Anda dapat menemukan lowongan pekerjaan content writer atau lowongan pekerjaan copywriter di kitakerja.com.