Tips untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Bekerja

0
25
Tips untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Bekerja
source : xframe.io

Tips untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Ketika Bekerja – Terkadang ada satu hari ketika bekerja dimana semuanya tidak berjalan dengan baik. Biasanya hal itu sudah biasa bagi banyak karyawan di berbagai perusahaan. Mereka terkadang putus asa dan kehilangan motivasi karena emosi yang ia alami di tempat kerja. Tapi terkadang ada hal-hal yang dapat membantu untuk meningkatkan kepercayaan diri anda kembali dengan cara yang kreatif.

baca juga : 5 Jenis Pekerjaan Freelance yang Paling Menjanjikan

Berikut ini tips untuk meningkatkan rasa percaya diri ketika bekerja :

Membuat afirmasi positif

Anda pasti pernah menerima komentar ataupun pujian yang baik soal pekerjaan yang anda lakukan, baik itu dari email, telpon, chat whatsapp, ataupun ketika meeting berlangsung. Walaupun mereka memberi kepuasan sementara, ada cara buat hal tersebut menjadi permanen. Buatlah sebuah folder dan beri nama “pujian pekerjaan”, “ anda pasti bisa melakukannya” ataupun hal hal yang berbau positif. Tuliskan setiap pujian yang kamu baca dan dengar dan memasukannya kedalam folder tersebut.

Mungkin bagi anda hal ini tidak berguna, tapi ini cara yang bagus untuk mengangkat suasana hati pada saat anda merasakan kekecewaan. Folder ini berisi penegasan positif dari rekan ataupun alasan. Dengan ini, kamu memiliki kemampuan untuk berbuat baik dan menerima umpan balik yang dengan penuh harapan. Hal ini dapat mengusir pikiran negatif mengenai kinerja yang buruk dan ucapan itu membawa rasa pencapaian dan mendorong kita untuk melakukan hal yang produktif dari waktu yang tersisa.

Pertahankan pujian positif

Ada banyak orang yang mencari kritikan untuk membangun pekerjaannya. Mereka percaya bahwa hal ini merupakan hal yang bagus untuk memahami kesalahan dalam pekerjaan dan dapat memperbaiki kesalahan tersebut. Walaupun ini sikap yang positif, tapi terkadang bisa berbahaya juga.

Sebaliknya, pujian kecil juga bisa menjadi pemacu energi. Apapun jenis pekerjaan yang dilakukan, semua umpan balik positif akan menguntungkan dalam jangka waktu yang lebih panjang. Apalagi bila anda telah membuat folder pujian positif seperti yang katakan dipoin pertama, hal ini bisa membuatmu untuk menghargai diri sendiri pada hari bosan atau ketika anda sedang stress karena kesalahan pekerjaan yang dilakukan.

baca juga : Tips Ampuh dari HR untuk Kalian yang Mencari Kerja Saat Pandemi!

Sekian tips untuk anda tetap meningkatkan rasa percaya diri ketika bekerja. Semoga anda selalu disertai dengan energi positif dan tidak stress ketika melakukan pekerjaan. Apapun kesalahan yang dilakukan, anda harus tetap berpikir positif.