Tips Ampuh dari HR untuk Kalian yang Mencari Kerja Saat Pandemi!

0
150
Tips Ampuh dari HR untuk Kalian yang Mencari Kerja Saat Pandemi!

Tips Ampuh dari HR untuk Kalian yang Mencari Kerja Saat Pandemi!Selama masa pandemi ini, banyak orang kehilangan pekerjaan. Banyak perusahaan terpaksa merumahkan pekerjanya karena kondisi perekonomian yang mulai anjlok. Para perusahaan kesulitan untuk bertahan dan terpaksa untuk menyesuaikan perekonomian perusahaan, perusahaan menyesuaikan kembali jumlah sumber daya manusia yang ada. 

baca juga : Tips Agar HRD Lebih Terkesan Ketika Wawancara Kerja

Para karyawan yang dipulangkan ini mau tidak mau harus kembali mencari pekerjaan baru. Terlebih lagi di masa pandemi ini yang sulit untuk mencari kerja. Dilansir dari IDNTimes, terdapat beberapa tips ampuh dari HR kepada kalian yang sedang kesulitan mencari kerja. 

Berikut ini tips ampuh untuk kalian yang mencari kerja saat pandemi :

Keperluan untuk Posisi IT / tim developer meningkat

Pandemi covid-19 ini telah berlangsung cukup lama dan berdampak di beberapa sektor. Kondisi seperti ini tentu akan membentuk sebuah kebiasaan baru pada setiap lini kehidupan. Ada orang yang bekerja dari rumah, dan tren pencarian kerja pun sudah mulai beragam. Semua proses bisnis juga sudah dilaksanakan secara online. Tidak heran bila perusahaan sekarang kebanyakan mencari tim IT / Developer untuk membantu penjualan atau service secara online kepada customer.

Communication skill harus dipelajari

Saat ini untuk mencari kerja, tidak bisa diprediksi apa yang diperlukan. Tapi salah satu keahlian yang mungkin dilirik oleh beberapa HR adalah communication skill dan kemampuan dalam berbahasa asing. Berkomunikasi kini telah menjadi nilai plus dan terlebih lagi tidak hanya melalui satu bahasa, tapi bahasa lainnya juga bisa. Misal perusahaan butuh kerja sama dengan perusahaan luar, communication skill ini cukup berguna digunakan.

Menjawab pertanyaan pewawancara secara lancar

Wawancara online saat ini tidak berbeda dengan wawancara offline. Hal yang membedakan mungkin kehadiran dan tidak bisa melihat kesan pertama dari calon kandidat. Intinya selama interview itu harus be yourself, kemudian juga harus menjawab pertanyaan secara lancar. Bila anda bisa menjawab semuanya dengan lancar, ini menjadi nilai plus untuk calon kandidat. 

Interview pada dasarnya hanya untuk menguji kecocokan

Biasanya interview itu adalah bagian kecil dari tes yang dilakukan oleh pelamar kerja. Biasanya interview itu ditaruh di awal, kemudian bila lolos interview, dilanjutkan dengan psikotes, interview HR, serta interview user. Interview dilakukan untuk menguji kecocokan itu terlihat dari sisi HR dimana ia melihat apakah orang tersebut cocok dengan budaya perusahaan atau tidak, sedangkan user melihat kandidat apakah cocok dengan kebutuhan perusahaan atau tidak. Kemudian kedua hal tersebut dikombinasikan dan bila hasilnya bagus, maka calon kandidat akan lolos. 

baca juga : Beberapa Zodiak yang Sulit Diajak Bekerja Sama

Itu dia beberapa tips dari HR terkait untuk mencari pekerjaan di masa pandemi ini. Semoga anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan anda. Ayo cari lowongan kerja di medan atau sekitarnya di kitakerja.com. #Byebyenganggur.