Tetap Produktif Meskipun Sedang Puasa

0
357
Tetap Produktif Meskipun Sedang Puasa

Tetap Produktif Meskipun Sedang Puasa – Bulan ramadan sudah tiba, sudah pasti waktunya untuk umat muslim melakukan ibadah puasa. Pada awal berpuasa pastinya akan merasa lemas terutama untuk para karyawan atau pekerja kantoran.

baca juga : 4 Kerja Sampingan Ketika Bulan Ramadan

Bahkan rutinitas juga berubah yang biasanya bangun jam 6 sekarang menjadi bangun lebih awal sebab akan melakukan sahur. Tubuh pastinya akan merasa lemas dan produktivitas dalam bekerja pun berkurang.

Berikut ini beberapa tips agar tetap dapat produktif meskipun sedang puasa :

Berbuka Puasa dan Sahur yang Teratur

Tips pertama yang mungkin dapat anda lakukan adalah tetaplah berbuka puasa serta sahur yang teratur. Sahur di pagi hari sebenarnya sangat penting agar anda dapat lebih berenergi serta lebih produktif dalam bekerja meskipun sedang berpuasa.

Cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan asupan gizi yang tinggi serta seimbang. Jangan berlebihan dan jangan kekurangan juga. Begitu juga dengan berbuka puasa.

Istirahat Cukup

Sebenarnya istirahat cukup ini tidak hanya untuk bulan puasa saja ya, tapi ketika hari biasa juga perlu dilakukan. Tubuh dan otak kita secara normal butuh waktu tidur 6 hingga 8 jam per hari agar dapat energi pulih. Maka dari itu anda perlu mengatur jam tidur dengan tepat.

Olahraga Ringan

Memang ketika berpuasa pasti sudah tidak ada energi lagi apalagi di sore hari. Bahkan banyak orang tidak sabar untuk berbuka. Tapi kesehatan tubuh juga perlu di jaga, maka dari itu cobalah untuk olahraga ringan.

Olahraga ringan jangan ketika siang hari ya, karena pasti untuk menunggu waktu buka sangat lama. Jadi cobalah untuk olahraga ringan menjelang buka puasa, setidaknya sekitar 30 – 60 menit. Olahraga ringan ini dapat berupa bersepeda, jogging, ataupun berjalan.

Menyusun to-do list

Nah semua tips sudah di jalani, ketika bekerja selama puasa cobalah menyusun to-do list. Sebenarnya hal ini ketika tidak puasa juga dapat dilakukan, namun ketika berpuasa pastinya energi sangat sedikit.

Jadi dengan adanya to-do list pastinya dapat mengerjakan pekerjaan secara terstruktur dan tidak membuang banyak energi. Tidak hanya itu, anda juga bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Nah itu dia beberapa tips buat anda agar bisa tetap produktif meskipun sedang puasa. Semoga anda dapat produktif ya meskipun sedang berpuasa, semangat!