Berikut Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Seorang Freelancer

0
64
Berikut Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Seorang Freelancer

Berikut Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Seorang Freelancer – Bekerja sebagai seorang freelancer atau pekerja lepas tengah menjadi tren saat ini. Ditambah lagi dengan budaya WFH atau work from home yang semakin meningkat membuat tak sedikit orang yang memilih untuk menjadi seorang freelancer.

Memulai karir sebagai seorang freelancer memang memiliki kesempatan yang besar. Banyak perusahaan baik lokal maupun mancanegara yang menggunakan jasa freelance untuk keperluan bisnis mereka.

Meski kesempatan dan peluang yang dimiliki cukup besar, nyatanya tak sedikit orang yang bertahan menjadi freelancer. Hal ini dikarenakan menjadi seorang freelancer memiliki risiko yang cukup besar.

Bahkan banyak yang berhenti karena melakukan beberapa kesalahan. Nah, buat kamu yang tertarik untuk menjadi freelancer, jangan lakukan hal berikut ini ya!

Baca juga: Perhatikan Beberapa Hal ini Agar CV Anda Dilirik HRD

Berikut Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Seorang Freelancer

Tidak Memperhatikan Kontrak Kerja

Bekerja sebagai freelancer juga membutuhkan kontrak kerja. Kontrak kerja sendiri berfungsi sebagai bukti bahwa anda bekerja pada perusahaan tersebut meskipun tidak memiliki jabatan resmi.

Kamu wajib meminta kontrak kerja yang berisikan job description hingga gaji anda sebagai karyawan freelance. Jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu dapat jadikan kontrak kerja tersebut sebagai tuntutan ke pihak yang berwenang.

Tidak Mengenali Sifat Klien

Penting untuk mengetahui sifat klien sebelum memutuskan untuk menandatangani kontrak kerja. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah untuk memposisikan diri sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik.

Jangan sampai kamu melewatkan hal ini dan berujung mendapatkan klien yang malah membuat kamu tidak nyaman dan stres kedepannya. Perlu diingat bahwa kamu sudah menandatangani kontrak kerja sehingga tidak bisa berhenti seenaknya.

Menganggap Remeh Pekerjaan

Tak sedikit yang menganggap bahwa pekerjaan sebagai freelancer itu mudah dan enak. Perlu diketahui, tugas dan materi yang diberikan berbeda-beda. Jika kamu mendapatkan tugas yang sulit, maka mau tidak mau tetap harus menyelesaikannya.

Hindari bermalas-malasan karena setiap pekerjaan memiliki deadline yang harus dikejar. Apalagi kalau kamu memiliki pekerjaan dari klien yang berbeda.

Bayaran yang Tidak Sepadan

Jika kamu mengira bekerja sebagai freelancer bisa mendapatkan gaji yang besar, maka kamu salah. Perlu diingat bahwa sistem freelance menggunakan sistem rate yang artinya kamu sendiri yang menetapkan harga jasamu.

Namun jika rate yang kamu tetapkan terlalu mahal, maka akan sulit dalam mendapatkan pekerjaan. Mau tak mau kamu harus menurunkan harga jasamu agar bisa mendapatkan pekerjaan. Tak apa jika mendapatkan bayaran murah di awal-awal meniti karir sebagai freelancer. Jika kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari klien dan memiliki skill yang kompeten, maka penghasilan yang didapat juga akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Tidak Memberi Kabar

Memberitahukan progres pekerjaan kepada klien itu penting. Jangan sampai kamu lupa dan tidak memberi kabar sama sekali. Bisa-bisa nantinya klien tidak percaya dan tidak akan menggunakan jasamu lagi.